Mahasiswa KKN Undip Edukasi Dampak Pernikahan Dini Bagi Kesehatan Serta Persiapan Sebelum Menikah Pada Remaja

Temanggung (12/02/2022) РPernikahan dini merupakan pernikahan yang dilakukan oleh pasangan atau salah satu pasangan yang masih dikategorikan anak-anak atau remaja yang berusia di bawah 19 tahun.  Berdasarkan keterangan dari bidan desa dan ibu ketua PKK Desa Petarangan, banyak terjadi pernikahan usia dini khususnya remaja perempuan. Padahal pernikahan dini dapat berakibat negatif pada kesehatan ibu dan bayi. Salah satunya adalah terganggunya organ reproduksi pada ibu dan apabila terjadi kehamilan bisa menjadi kehamilan yang berisiko. Hal ini dapat mengakibatkan anak lahir dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), stunting, ataupun gizi buruk.  

Untuk meminimalisir pernikahan dini di Desa Petarangan, mahasiswa KKN Undip melakukan edukasi dampak pernikahan dini dilihat dari sisi kesehatan ibu dan bayi serta apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk menikah. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 22 Januari 2022 dengan sasaran remaja yang tergabung dalam IPNU IPPNU Desa Petarangan.

Materi yang disampaikan terkait definisi, faktor penyebab, dan dampak kesehatan pernikahan dini, serta persiapan sebelum menikah. Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait suatu kasus pernikahan dini sehingga remaja IPNU IPPNU dapat mengutarakan pendapatnya tentang kasus tersebut. Kegiatan ini disambut baik oleh remaja IPNU IPPNU dan harapannya dapat meningkatkan pengetahuan remaja terkait dampak pernikahan dini.