KAMPANYE HIDUP SEHAT TANPA NARKOBA UNTUK MENJAGA GENERASI BANGSA, MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP 2022 MELAKUKAN SOSIALISASI

Kegiatan sosialisasi dan kampanye hidup sehat tanpa narkoba sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi penerus bangsa khususnya pada generasi muda yang berada di wilayah Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. dilakukan oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro

Penyalahgunaan Narkoba masih banyak terjadi di Indonesia. Penyalahgunaan narkoba dapat mengakibatkan halusinasi, dehidrasi, mengidap penyakit berbahaya, bahkan menyebabkan kematian. Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Heru Winarko menyebut, penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja makin meningkat. Di mana ada peningkatan sebesar 24 hingga 28 persen remaja menggunakan narkotika. Heru menerangkan bahwa kalangan remaja lebih rentan menjadi pengguna jangka panjang karena masih memiliki waktu yang cukup panjang dalam mengkonsumsi narkotika.

Berdasarkan hasil wawancara dengan dengan Bu Sofia selaku Lurah wilayah Plombokan, di wilayah Plombokan masih ditemukan beberapa kasus adanya penyalahgunaan Narkotika. Hal ini juga dikuatkan dengan pernyataan Pak Tri selaku RT 02/RW02 bahwa memang masih dijumpai adanya masyarakat di wilayah Plombokan yang terjerat hokum akibat penyalahgunaan Narkotika.

Sebagai bentuk peduli dan perhatian akan hal tersebut, mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan Sosialisasi dan Kampanye Hidup Sehat tanpa Narkotika yang dilakukan di wilayah Kelurahan Plombokan. Kegiatan ini menargetkan generasi muda yaitu para remaja di wilayah Kelurahan Plombokan dengan mengundang pemuda pemudi karang taruna dalam kegiatan tersebut.

Menurut salah satu anggota karang taruna yang hadir, yaitu Mas Achmad Riziq, kegiatan ini sangat baik karena para hadirin mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru seputar narkotika, penyalahgunaannya, serta Undang-Undang yang mengatur Narkotika. Sehingga membuat diri menjadi waspada terhadap zat berbahaya tersebut.

Pak Agus selaku RT02/RW03 juga berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, dapat meningkatkan kewaspadaan serta pengetahuan terhadap narkotika, sehingga para Remaja di wilayah Plombokan terbebas sepenuhnya dari pengaruh dan penyalahgunaan Narkotika.

Oleh : Alfandy Rafliansyah Subingat