Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Lomba Menggambar Bertemakan #KenaliBudayaKita Sebagai Bentuk Lestarikan Budaya Lokal Bekasi

Bekasi (09/02/2022) – Dalam rangka melestarikan Budaya Bekasi, Mahasiswa KKN UNDIP turut serta melakukan lomba menggambar mengenai Budaya Lokal Bekasi agar warga RW 18 mengetahui identitas lokal mereka. Upaya tersebut dilakukan untuk terciptanya masyarakat yang sadar akan identitas yang ada di dirinya dan budaya yang dimilikinya. Maka dari itu, diperlukan adanya program lomba menggambar tingkat SD agar para peserta memahami dan ikut melestarikan budaya lokal bekasi.

Program lomba menggambar ini diadakan di kediaman rumah Pak Nabas selaku ketua RW yang mendukung program ini yang dilaksanakan pada Hari Senin, 7 Februari 2022 pukul 16.00 – 18.00 untuk pengambilan kertas dan flyer ketentuan lomba hingga pada Hari Rabu, 9 Februari 2022 pukul 15.30 – 17.30 untuk pengumuman lomba. Lomba diadakan selama 3 hari 2 malam dengan tujuan agar para peserta bisa dibimbing oleh orang tuanya mengenai contoh budaya Bekasi dan identitas Bekasi.

Di akhir kesempatan tersebut, Mahasiswa KKN Undip mengumumkan para pemenangnya mulai dari Juara IV hingga Juara I. Dari berbagai hasil gambar para peserta, yang paling sering dijadikan unsur gambar adalah ondel-ondel, rumah adat Betawi, dan baju adat Betawi Para pemenang sangat berbahagia pada momen tersebut karena mendapatkan hadiah juara.

Meskipun ada peserta yang tidak menang, tak membuat mereka sedih karena mereka puas dengan diberikannya snack dan juga masker yang memiliki motif unik. Kemudian lomba menggambar tersebut ditutup dengan ungkapan terima kasih dari Pak Nabas selaku ketua RW.

Melalui lomba menggambar ini, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas pada anak anak muda di RW 18, karena pada usianya yang tergolong cocok untuk mengeksplor minat dan bakat. Lomba ini menjadi salah satu target Mahasiswa KKN Undip untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peka terhadap budaya lokal bekasi terutama pada anak anak seusia SD yang merupakan kelompok yang rawan terdampak modernisasi yang sudah biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi anak anak ini umumnya masih belum sadar dan eksplor akan identitas asli mereka.

Penulis : Annisa Aulia Putri

Dosen Pembimbing KKN : Dr. Khairul Anam, S.Si, M.Si

Lokasi KKN : RW. 018, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.