Manfaatkan WEBGIS, Mahasiswa UNDIP Petakan Persebaran UMKM RW 01 Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur

SEMARANG (02/22) – Pelaksanaan KKN TIM I UNDIP 2021/2022 dimulai dari 5 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022. KKN dilaksanakan di Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur. KKN dilaksanakan di kota domisili masing-masing mahasiswa dikarenakan kondisi pandemi COVID-19.

Kelurahan Mlatiharjo merupakan salah satu kelurahan yang bagian timurnya terdapat Jalan Barito, yang terkenal menjadi tempat jual beli besi, sparepart motor, dan lain lain. Maka di daerah Kelurahan Mlatiharjo tersebar banyak Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM). UMKM memiliki arti usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Namun, sebagian usaha masyarakat belum terdaftar pada layanan pemetaan online seperti Google Maps yang sebenarnya dapat menjadi cara ekspansi pemasaran. Usaha masyarakat juga belum banyak yang terdaftar pada marketplace layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood. Kemudahan mencari info dalam satu genggaman smartphone lebih digemari kalangan masa kini.

Salah satu program yang dilaksanakan pada kegiatan KKN ini adalah pemetaan persebaran UMKM di wilayah RW 01, Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur. Kegiatan diawali dengan melakukan survei lapangan untuk mendapatkan data UMKM beserta titik koordinatnya yang ada di wilayah RW 01. Pengumpulan data juga dilakukan dengan wawancara warga sekitar RW 01, mengingat cukup banyak usaha warga yang belum memiliki banner atau papan nama usaha didepan rumahnya. Tak lupa dilakukan dokumentasi dari tiap tiap tampak depan alamat rumah.

Dengan ArcGIS online, dilakukan pemetaan UMKM di wilayah RW 01. Pengolahan dimulai dengan membuat Survey123. Pada survey ini dimasukan nama UMKM, sektor UMKM, dan beberapa data lainnya yang didapat di lapangan. Setelah itu, dilakukan pengolahan pada WebApp untuk mendapatkan POI dari masing-masing UMKM. Setelah visualisasi sebaran UMKM didapatkan, dilakukan penyusunan WebMap. Kemudian dilakukan penyusunan StoryMaps untuk publikasi yang lebih baik.

WebMap Persebaran UMKM RW 01 Kelurahan Mlatiharjo

Dengan memberikan informasi spasial menganai titik persebaran lokasi UMKM, diharapkan dapat membantu menaikan nilai ekonomi warga sekitar. Untuk dashboard UMKM RW 01 Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur dapat diakses pada tautan dibawah.
https://arcg.is/0ySOX40