MAHASISWA UNDIP MENGENALKAN CARA MEMANFAATKAN BARANG BEKAS MENJADI TONG SAMPAH METODE INJAK PEDAL

Pelaksanaan KKN UNDIP Tim I 2022 cukup berbeda dari sebelumnya. KKN yang dimulai dari tanggal 5 Januari 2022 – 15 Februari 2022 ini dilaksanakan secara hybrid agar dapat memberikan pemberdayaan kembali masyarakat pasca pandemi. Pada kali ini kegiatan KKN mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat menuju Pasca Pandemi Covid-19 berbasis Suistanable Depelovement Goals (SDGs)”. Tujuannya diharapkan dapat memberdayakan kembali masyarakat setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selesai.

Disisi lain, berdasarkan hasil FGD (Focus Group Discussion) dengan pengelola bank sampah, dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yaitu bank sampah sampah tidak aktif selama pandemi covid-19, sehingga sampah menumpuk di pihak nasabah/warga. Karena hal itu, pasca pandemi ini diperlukan pengolahan sampah-sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Program yang dilaksanakan sebagai solusi terhadap hal ini adalah pemanfaatan barang bekas menjadi Tong Sampah metode Injak Pedal sebagai upaya penggunaan kembali barang bekas menjadi suatu barang yang berguna. Pembuatan Tong Sampah metode Injak Pedal ini cukup sederhana. Bermodalkan kayu, paku, engsel, sekrup dan ember, tong sampah injak pedal pun dapat dibuat.

Dalam pelaksanaannya, adanya Tong Sampah Injak Pedal ini disambut oleh teman-teman karangtaruna dengan antusias karena dapat dibuat dengan mudah sehingga dapat mendukung protokol kesehatan guna mengurangi sentuhan.

Sebagai upaya pengurangan penumpukan sampah, diharapkan hal ini dapat menjadi solusi untuk pengelolaan barang-barang bekas terutama dalam keadaan pasca pandemi ini.

Penulis : Robbi Muhlisin – Rekayasa Perancangan Mekanik – Sekolah Vokasi