WASPADA!! Muncul Virus Covid-19 Varian Baru, Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Ajarkan Anak-anak 6 Langkah Mencuci Tangan Yang Benar

Semarang (12/02) – Pandemi Covid-19 belum berakhir bahkan hingga detik ini kasus Covid-19 terus meningkat dan dikabarkan terdapat virus dengan varian baru yaitu omicron. Virus ini dapat mengenai semua orang tanpa memandang usia dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia, maka dari itu kita harus tetap mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19 yaitu 5M yang terdiri dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Mencuci tangan kelihatan seperti hal yang sepele padahal mencuci tangan sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan kita apalagi di masa pandemi ini karena tangan merupakan anggota tubuh kita yang sering berinterksi dengan tubuh, untuk menyentuh benda-benda dan lain sebagainya. Tangan yang kelihatan bersih padahal sebenarnya terdapat banyak bakteri dan kuman yang menempel.

Gambar 1. Sosialisasi 6 langkah cara mencuci tangan yang benar

Dalam rangka memutus rantai virus Covid-19, Noviasih Dwi Lestari mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP melakukan sosialisasi dan mengajarkan bagaimana 6 langkah mencuci tangan yang benar kepada anak-anak sekolah Dusun Ngringin, Desa Batur. Banyak anak-anak yang datang untuk ikut serta dalam sosialisasi muai dari paud hingga Sekolah Dasar dan mereka sangat antusias dengan program kerja yang  dilakukan.

Gambar 2. Bagi-bagi masker dan penyemprotan handsanitizer

Sebelum masuk partisipan wajib menggunakan masker dan memakai handsanitizer yang telah disiapkan oleh tim KKN dan pasca sosialisasi diadakan acara tambahan yaitu program bagi-bagi masker.

Penulis : Noviasih Dwi Lestari – Peternakan UNDIP 2018

Dosen Pembimbing Lapangan : Teguh Suprihatin, S.Si., M.Si.