Edukasi Literasi: Saring sebelum Sharing

Tebet Barat, Jakarta Selatan (21/01). Salah satu mahasiswa KKN UNDIP asal Jakarta saat ini sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro yang akan berlangsung selama kurang lebih 45 hari kerja pada tanggal 4 Januari hingga 15 Februari 2022. Kegiatan KKN ini bertempat di Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis SDG’s”.

Dari hasil survey tentang wabah hoax nasional yang dilakukan oleh Mastel  facebook pada urutan tertinggi sebesar 92,40%, aplikasi chatting 62,80%, dan situs web 34,90%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Ruri Rosmalinda tentang “fenomena Penyesatan Berita Di Media Sosial” menyatakan bahwa pengaruh perkembangan teknologi bisa menjadi ancaman global termasuk terhadap Indonesia, khususnya terkait dengan penyebaran berita bohong (hoax).

Bentuk konten hoax yang paling banyak diterima responden adalah teks sebanyak 62,1%, sementara sisanya dalam bentuk gambar sebanyak 37,5%, dan video 0,4%. Sebanyak 92,4 responden menyatakan mendapatkan konten hoax melalui media sosial, media sosial tersebut adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Path. Angka ini cukup jauh jika dibandingkan dengan situs web  hal-hal yang menghebohkandan pada dasarnya sangat berbahaya, karena hal ini bisa menjadi perilaku.

Dalam Rangka menanggulangi atau pencegahan terhadap bahaya hoax maka salah satu mahasiswa Undip yang tergabung dalam KKN tim 1 ini memutuskan untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki pola pikir yang baik dan tidak termakan hoax sehingga tidak mudah tergiring oleh opini publik.

Melalui pencetakan banner yang memuat tentang langkah-langkah mengolah informasi yang baru sampai kepada penerima, maka diharapkan warga Tebet Barat yang melihat dan membaca banner tersebut menjadi lebih bijak dalam menyebarkan informasi yang telah diperoleh.