AKU BISA (ASRI-kan Lingkungan, Bijak Kelola Sampah): Mahasiswa Undip Edukasi Pemanfaatan Limbah Organik Rumah Tangga sebagai Pupuk Kompos dan Pemanfaatan Limbah Anorganik sebagai Kerajinan Plastik untuk Mengimplementasikan SDGs ke-12

Poster Sosialisasi AKU BISA
Sosialisasi AKU BISA

Kedungwaduk, Sragen (21/01/2022)-Permasalahan sampah menjadi persoalan yang tidak ada habisnya di masyarakat Indonesia. Masyarakat sangatlah minim literasi lingkungan mengenai pemanfaatan limbah organik rumah tangga sebagai pupuk kompos dan pemanfaatan limbah anorganik sebagai kerajinan plastik. Pengolahan sampah organik dimasyarakat hanya sebatas menjadikannya sebagai pakan ternak. Solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengolah sampah organik menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik dimasyarakat biasanya hanya dibakar atau dibuang begitusaja di belakang rumah. Padahal limbah anorganik dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan salah satunya kerajinan plastik yang dapat dijual ataupun dimanfaatkan sendiri.

Melalui salah satu program dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Undip Tahun 2022, mahasiswa Undip mengajak masyarakat Dukuh Tegalrejo RT 05 RW 01 Desa Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen untuk mengolah sampah melalui program AKU BISA (ASRI-kan Lingkungan, Bijak Kelola Sampah): pemanfaatan limbah organik rumah tangga sebagai pupuk kompos dan pemanfaatan limbah anorganik sebagai kerajinan plastik untuk mengimplementasikan SDGs ke-12 yaitu memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Tujuan ini berkaitan dengan upaya mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan terhadap bumi melalui pola produksi dan konsumsi yang sewajarnya sebagai bentuk implementasi dari permasalahan warga terkait sampah, sehingga memerlukan suatu upaya melestarikan lingkungan melalui pemanfaatan sampah, pemanfaatan sumber daya manusia, serta pemberian informasi guna memunculkan kesadaran masyarakat untuk mengelola dan mengolah sampah organik maupun anorganik.

Program tersebut dijalankan pada minggu ketiga bulan Januari dengan melibatkan seluruh masyarakat Dukuh Tegalrejo RT 05 mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, hingga muda-mudi Dukuh Tegalrejo RT 05. Program kerja dilaksanakan di rumah Bapak Maryanto selaku ketua karang taruna Dukuh Teglarejo RT 05. Pelaksanaan program dimulai dengan saling memperkenalkan diri, lalu pelaksanaan sosialisasi ekoliterasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan karakteristik sampah organik dan anorganik. Kemudian tahap kedua, pengaplikasian tempat sampah yang dikategorikan. Harapannya dengan sampah yang telah dikategorikan akan terpilah dengan baik sehingga dapat dikelola secara bijak oleh masyarakat setempat.

Pemilahan Sampah

Selanjutnya tahap ketiga, program penstrukturan AKU BISA dilakukan guna tercipta pengelolaan sampah yang lebih terstruktur dan terorganisasi sehingga dapat dilaksanakan secara optimal. Setelah itu tahap keempat, pemanfaatan sampah anorganik. Tujuan kegiatan ini agar sampah plastik dapat dimanfaatkan kembali untuk dijadikan kerajinan yang bisa dimanfaatkan masyarakat ataupun dijual kembali. Proses kegiatan dilakukan dengan mencontohkan terlebih dahulu cara pembuatan kepada ibu-ibu, kemudian ibu- ibu mempraktikkan bersama cara pembuatan vas bunga dari plastik bekas.

Pembuatan Kerajinan Plastik

Lalu tahap kelima, pemanfaatan sampah organik. Pelaksanaan sosialisasi serta praktik pembuatan kompos, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Dukuh Tegalrejo RT 05 mengenai pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi kompos.

Pembuatan Kompos

Berdasarkan testimoni dari masyarakat Dukuh Tegalrejo, salah satunya Pak Ngadiman mengatakan bahwa “program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan masyarakat Dukuh Tegalrejo RT 05 akan meneruskan program AKU BISA (ASRI-kan Lingkungan, Bijak Kelola Sampah): pemanfaatan limbah organik rumah tangga sebagai pupuk kompos dan pemanfaatan limbah anorganik sebagai kerajinan plastik untuk mengimplementasikan SDGs ke-12”.

Penulis : Mira Dwi Harianti, Mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

DPL      : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., MH.