Narkoba Mengintai! Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Pati (23/1) – Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak generasi muda yang lebih memilih kebudayaan negara lain, yang secara tidak sadar membuka lebar pintu masuk Narkoba.

Perkembangan pencandu narkoba di Indonesia semakin pesat. Korban penyalahgunaan narkoba bukan hanya orang dewasa, tetapi juga pelajar SMA sampai pelajar setingkat SD. Remaja merupakan golongan yang rentan terhadap penyalahgunaan narkoba karena mereka memiliki sifat dinamis, energik, selalu ingin mencoba, serta mudah tergoda dan putus asa sehingga mudah jatuh pada masalah tersebut. Maka dari itu, sosialisasi terkait bahaya narkoba pada remaja penting untuk dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah adanya kasus penyalahgunaan narkoba.

Sosialisai Bahaya Narkoba

“Sosialisasi Bahaya Narkoba” dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Undip secara offline di MTs Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom yang diikuti oleh siswa kelas IX. Sosialisasi ini dilaksanakan menggunakan media power point dan poster yang dibagikan kepada peserta.

Poster Bahaya Narkoba

Mahasiswa menyampaikan materi tentang pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, serta dampak penyalahgunaan narkoba bagi tubuh, diantaranya yaitu susah tidur, mulut kering dan kaku, kulit kering dan keriput, penurunan nafsu makan, gangguan konsentrasi dan penurunan daya ingat, gangguan fungsi hati, memacu denyut jantung, pecahnya pembuluh darah hingga kematian.

Selama sosialisasi berlangsung, peserta terlihat antusias menyimak penjelasan materi yang disampaikan. Dalam kegiatan ini juga diadakan pre-test dan post-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta sebelum dan setelah sosialisasi dilakukan. Sebelum mengakhiri sosialisasi, dilakukan sesi tanya jawab. Antusiasme peserta cukup besar untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Sesi tanya jawab tersebut juga sekaligus sebagai evaluasi, bahwa materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta. Semua pertanyaan yang ditanyakan terkait bahaya narkoba dapat dijawab dengan baik.

Adanya sosisalisasi ini diharapkan siswa mengetahui bahaya narkoba sehingga dapat timbul kesadaran dalam diri masing-masing orang untuk tidak mau mencobanya.

Penulis: Aftarisa Rahma Isnavia (Ilmu Gizi-Fakultas Kedokteran)

DPL: Ir. Wahju Krisna Hidajat, MT

Lokasi: Desa Tanjunganom, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah