Produk UMKM yang melimpah, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP memberikan edukasi dan pelatihan optimalisasi social media kepada Pelaku UMKM Desa Kemudo

Kemudo (25/02/2022) – Desa Kemudo memiliki jumlah penduduk sekitar 5219 Jiwa per – tahun 2021 dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan bertambahnya generasi muda di Desa Kemudo. Desa Kemudo memliki banyak sekali potensi di kalangan masyarakatnya, salah satunya adalah di sektor UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah).

Sumber : Dokumen Pribadi

Desa Kemudo memiliki produk UMKM sekitar 32 produk dengan merk berbeda, dan semua produk – produk ini diproduksi oleh masyarakat Desa Kemudo secara personal. Bahkan dari semua produk makanan UMKM ini ada 3 produk yang sudah menembus ke outlet retail modern. Hampir semua produk dari UMKM Desa Kemudo ini memiliki sertifikasi PIRT atau lebih dikenal dengan  Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) yang diberikan oleh bupati terhadap hasil produksi IRT yang memenuhi standar dan keamanan.

Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh kepada kebiasaan masyarakat dalam hal berbelanja, hampir seluruh toko – toko modern saat ini telah membuka gerai mereka di ranah online melalui platform sosial media. Karena adanya pembatasan selama pandemi Covid-19 ini, beberapa kalangan masyarakat terutama muda – mudi lebih gemar berbelanja dengan cara transaksi online. Dengan melihat potensi ini, mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP mengadakan program tentang cara optimalisasi media sosial melalui design untuk meningkatkan penjualan secara online. Program ini membantu para pelaku UMKM dengan membuatkan media promosi berupa official account instagram UMKM Desa Kemudo yang telah di desain sedemikian rupa agar menarik calon pembeli. Selain itu, juga mengadakan kolaborasi dengan official account instagram kamajaya mart, semua produk UMKM Desa Kemudo turut di post bersamaan dengan produk dari kamajaya mart di official account Kamajaya Mart, Dengan harapan dapat meningkatkan trafik dan penjualan.

Sumber : Dokumen Pribadi

Program ini dilaksanakan mulai pada tanggal 20 Januari 2022, hasil akhir dari program ini berupa modul pembelajaran yang diberikan kepada para pelaku UMKM dengan harapan para pelaku UMKM dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk mendesain dan memasaraka melalui social media dengan lebih baik.

Penulis : Kevin Razak Alfattah

Dosen Pembimbing : Muhyidin, S.Ag, M.Ag, MH