Lingkungan Jadi ASRI! Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Sragen (13/02) – Kegiatan KKN Undip Tim I 2021/2022 telah berlangsung sejak Rabu, 5 Januari 2022 hingga Selasa, 15 Februari 2022. KKN Undip kali ini mengusung konsep KKN Reguler Mandiri dimana mahasiswa bisa memilih untuk melaksanakan KKN sesuai pembagian LPPM Undip atau bisa juga memilih KKN Pulang Kampung di domisili masing-masing. Hal ini terjadi karena kondisi Indonesia yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19. Untuk itu KKN Undip Tim I 2021/2022 mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDG’s”. Mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan empat kegiatan yang dirancang menjadi bentuk program kerja.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan di dukuh Tegalrejo, desa Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen. Dukuh Tegalrejo terdiri dari 58 kepala keluarga yang tentunya setiap hari menghasilkan sampah baik organik, anorganik, dan B3. Kesadaran masyarakat setempat mengenai pengelolaan sampah masih sangat kurang, mereka biasa membuang sampah di pekarangan kosong lalu membakarnya. Padahal pengolahan sampah dengan cara dibakar sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan pencemaran lingkungan terutama udara. Untuk itu mahasiswa KKN Undip Tim I 2021/2022 melalui program multidisiplin memberikan sedikit banyak informasi mengenai pengolahan sampah rumah tangga.

Program multidisiplin ini disebut dengan AKU BISA yaitu ASRI-kan Lingkungan, Bijak Kelola Sampah. Program ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yang pertama adalah sosialisasi ekoliterasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan karakteristik sampah organik dan anorganik.

kegiatan 1: ekoliterasi sampah rumah tangga

Kegiatan kedua adalah pengaplikasian tempat sampah sesuai kategori sampah, tujuannya adalah supaya sampah dapat terpilah dengan baik sehingga dapat dikelola secara bijak oleh masyarakat.

kegiatan 2: pengaplikasian tong sampah sesuai kategori sampah

Kegiatan ketiga adalah penstrukturan AKU BISA guna terciptanya pengelolaan sampah yang lebih terstruktur dan terorganisasi sehingga dapat dilaksanakan secara optimal.

kegiatan 3: pembagian tim pengelola sampah

Kegiatan keempat adalah sosialisasi pemanfaatan sampah anorganik yang bertujuan agar sampah plastik dapat dimanfaatkan kembali dan bahkan bisa dijual.

kegiatan 4: pengolahan sampah anorganik

Dan kegiatan yang kelima adalah sosialisasi serta praktik pengolahan sampah organik menjadi kompos. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pengolahan sampah organik rumah tangga.

kegiatan 5: pengolahan sampah organik

Kegiatan AKU BISA telah terlaksana pada hari Jumat tanggal 21 Januari 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemuda karang taruna Dukuh Tegalrejo. “Program ini sangat bermanfaat, warga menjadi tau bagaimana cara pengelompokkan jenis sampah sebelum akhirnya diolah mejadi produk lain,” ujar Pak Ngadiman selaku ketua karang taruna dukuh Tegalrejo.

—————————————————————————————————————

Penulis: Saskia Vianova – S1 Teknik Kimia

Rekan Tim KKN:

  • Tanur Widodo – S1 Teknik Sipil
  • Siti Mas Fuah – S1 Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan
  • Rizkha Ayu Pratiwi – S1 Kesehatan Masyarakat
  • Mira Dwi Harianti – S1 Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan

Dosen Pembimbing Lapangan: Muhyiddin, S.Ag., M.Ag., MH

Ketua RT: Ngadiman (RT 05, Dukuh Tegalrejo, Desa Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen).