MENGEJUTKAN!!! MAHASISWA KKN INISIASI UNDIP 2022 BERHASIL BERINOVASI PEMBUATAN SELAI BUAH NAGA SEBAGAI PELUANG BISNIS MASYARAKAT UNTUK SUPPLY OLEH-OLEH KHAS DESA LEREP

Display Produk Selai Buah Naga

Ungaran. (9/02/2022) Tim KKN INISIASI dari Universitas Dionegoro berhasil melakukan inovasi yang dilakukan di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Sumber daya alam yang dimiliki dusun Lerep sangat potensial untuk dimanfaatkan, disamping Sumber daya alam yang melimpah dusun Lerep juga merupakan desa wisata yang sudah mendapatkan branding yang lumayan luas. Berdasarkan potensi yang telah digambarkan dusun Lerep bisa dimanfaatkan menjadi produk olahan yang bisa dikomersialkan dan bisa menjadi tambahan oleh-oleh khas Desa Wisata Lerep.

 Inovasi yang dilakukan salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro itu adalah memanfaatkan potensi buah naga sebagai produk selai buah naga. Ide ini muncul karena ada salah satu keluhan warga masyarakat dusun Lerep yaitu banyaknya buah naga yang terbuang sia-sia dan belum bisa dimanfaatkan sebagai produk olahan yang bernilai komersil. Tentunya alasan dibuatnya produk selai olahan buah naga mempunyai alasan yaitu penerapan metode yang aplikatif untuk warga-masyarakat desa Lerep khususnya untuk ibu rumah tangga.

Dalam melaksanakan inovasi pembuatan selai tim KKN Undip menggandeng ibu-ibu warga dusun Lerep. Hal ini dilakukan agar warga masyarakat dusun Lerep bisa mengolah produk komoditas buah naga khususnya selai buah naga. 

Pemaparan dan pendampingan warga masyarakat Dusun Lerep

Mahasiswa KKN Dengan Produk Selai Buah Naga

Selain melakukan pemaparan output yang diberikan TIM KKN memberikan modul pembelajaran pembuatan selai buah naga, hal ini dilakukan agar tidak kehilangan materi yang diberikan.

“Teman-teman KKN Universitas Diponegoro memberikan masukan yang bagus dan aplikatif untuk kami dan besar harapan kami ketika kami melakukan ini nantiya dari teman-teman masih mendampingi kami” Tutur Asih Mumpuni, salah satu masyarakat dusun Lerep yang menghadiri pelatihan.

Penulis : Faizal Pambayun

Editor : Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si.