Penyebaran Poster di Sekolah SMK Negeri 9 Semarang Mengenai Sosialisasi Covid-19 dan Penyuluhan Bahaya Narkoba Dikalangan Pelajar

Semarang (13/2) – Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak generasi muda yang banyak terjerumus penggunaan narkoba.

Perkembangan peredaran narkoba di Indonesia semakin pesat. Pelaku penyalahgunaan narkoba bukan hanya orang dewasa saja, melainkan banyak pelaku dibawah umur seperti pelajar sekolah di Indonesia yang sudah terjerumus dalam mengkonsumsi narkoba. Remaja merupakan golongan yang rentan terhadap penyalahgunaan narkoba karena usia remaja yang masih tanggung dan mereka memiliki sifat energik, selalu ingin mencoba, serta mudah tergoda dan putus asa, serta pergaulan yang sudah mulai keluar dari batas pun banyak terjadi sehingga mudah jatuh pada masalah tersebut. Maka dari itu, sosialisasi penyuluhan anti narkoba dikalangan pelajar penting untuk dilakukan sebagai tindakan untuk mencegah adanya kasus penyalahgunaan narkoba.

“Sosialisasi Penyuluhan Anti Narkoba Dikalangan Pelajar” dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim I Undip di sekolah SMK Negeri 9 Semarang yang diikuti oleh OSIS Sekolah. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan presentasi menggunakan power point dan pembagian pamflet yang dibagikan kepada peserta, kemudian diakhiri dengan penyebaran poster yang ditempel pada beberapa spot di SMK Negeri 9 Semarang.

Mahasiswa menyampaikan materi tentang pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba, serta dampak penyalahgunaan narkoba bagi tubuh, diantaranya yaitu susah tidur, mulut kering dan kaku, kulit kering dan keriput, penurunan nafsu makan, gangguan konsentrasi dan penurunan daya ingat, gangguan fungsi hati, memacu denyut jantung, pecahnya pembuluh darah hingga kematian.

Dengan adanya sosisalisasi ini diharapkan siswa siswi SMK Negeri 9 Semarang khususnya dapat mengetahui bahaya narkoba sehingga dapat timbul kesadaran dalam diri masing-masing untuk menjaga pergaulan dan juga tidak memiliki daya tarik untuk mencoba dan mengkonsumsi narkoba.

Penulis : Caesar Galih Buwono (Rekayasa Perancangan Mekanik – Sekolah Vokasi)

DPL : Arwinda Nugraheni, S.KM., M.Epid