Waspada! Semakin Berkembangnya Zaman Semakin Berkembangnya Narkoba

Semarang (04/02/2022) – Semakin berkembang nya zaman maka semakin berkembangnya pula teknologi yang ada. Pada masa pandemi ini kita dipaksa untuk melakukan segala hal secara daring sehingga semua berbasisi online dan digital, hal ini lah yang membuat orang- orang yang biasanya memiliki mobilisasi yang tinggi terpaksa harus di rumah dan melakukan nya secara online. Kebiasaan baru ini ternyata banyak membuat orang mengalami depresi sehingga banyak orang menggunakan narkoba sebagai pelampiasaan atas depresi mereka. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan angka kasus gangguan jiwa dan depresi mengalami peningkatan hingga 6,5 persen di Indonesia.

Guna meningkatkan pengetahuan sejak dini terhadap anak – anak mengenai narkoba kami KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2021/2022 Kelurahan Ngesrep mengadakan sosialisasi edukasi mengenai narkoba berasa Forum Anak Harapan Bangsa pada hari Minggu, 6 Februari 2022 yang dihadiri lebih dari 10 peserta.

Sosisalisasi edukasi mengenai narkoba

Pada sosialisasi ini selain menjelaskan mengenai narkoba dan bahanya pada umumnya, kami juga mengenjelaskan mengenai narkoba digital yang saat ini marak beredar. Dengan semakin berkembangnya zaman makan penemuan terkini semakin banyak seperti narkoba digital yang marak beredar saat ini.

Narkoba digital merupakan visualisasi bunyi yang bisa membuat tenang penggunanya, dengan menggunakan suatu aplikasi. Namun mengenai narkoba digital ini Badan Narkotika Nasional Indonesia telah menjelaskan bahwa narkoba digital ini tidak termasuk narkoba karna aplikasi tersebut hanya menstimulasi otak dan mengubah keadaan psikis dan mental. Namun para peneliti dari berbagai universitas tidak menemukan perubahan pola otak pada pengguna I-Doser.

Kami menjelaskan mengenai narkoba digital ini guna sebagai pengetahun untuk anak anak yang mengikuti sosialisasi bahwa semakin berkembang nya zaman banyak trjadi kejahatan.page2image1680192

Penulis: Muhammad Fakih Khafiddin (Manajemen-FEB)

DPL: Asri Nurdiana, S.T., M.T.

Lokasi : Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang