Sosialisasi Mengenai Varian Baru Covid-19 Omicron Kepada Pelajar SMK Negeri 9 Semarang

Semarang (13/2) – Pencegahan Dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron seperti kita ketahui pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia. Kasus ini diawali dengan informasi dari Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) pada tanggal 31 Desember 2019 yang menyebutkan adanya kasus kluster pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kasus ini terus berkembang hingga akhirnya diketahui bahwa penyebab kluster pneumonia ini adalah novel coronavirus. Kasus ini terus berkembang hingga adanya laporan kematian dan terjadi importasi di luar China. Pada tanggal 30 Januari 2020, WHO menetapkan COVID-19 sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)/ Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia (KKMMD). Pada tanggal 12 Februari 2020, WHO resmi menetapkan penyakit novel coronavirus pada manusia ini dengan sebutan Coronavirus Disease (COVID-19) (Kemenkes RI. 2020).

“Sosialisasi Mengenai Varian Baru Covid-19 Omicron” yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim I Undip dengan cara presentasi menggunakan power point di gedung sekolah SMK Negeri 9 Semarang dan dihadiri oleh siswa siswi OSIS dari SMK Negeri 9 Semarang sebagai peserta sosialisasi cukup memberikan informasi yang begitu penting terkait adanya varian baru omicron, informasi tersebut berguna agar siswa dan siswi dapat menjadi lebih aware dengan adanya varian baru omicron sehingga dapat meminimalisir penularan dan pencegahan dari Covid-19.

Tidak lupa dengan protokol pemerintah, mahasiswa UNDIP selalu mengingatkan beberapa protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah agar senantiasa diterapkan oleh peserta dari OSIS SMK Negeri 9 Semarang, selain dapat meminimalisir penularan, protokol kesehatan tersebut juga dapat menjaga diri kita agar terbiasa dengan hidup lebih sehat meskipun saat ini berdampingan langsung dengan virus, khususnya omicron.

Penulis : Caesar Galih Buwono (Rekayasa Perancangan Mekanik – Sekolah Vokasi)

DPL : Arwinda Nugraheni, S.KM., M.Epid