MAHASISWA KKN TIM I UNDIP 2022 MENGADAKAN SOSIALISASI BETAPA PENTINGNYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA DUNIA INDUSTRI KE HOME INDUSTRI KERAJINAN TANGAN ALUMUNIUM

Cepu, (12/02/22) Kelurahan cepu merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecaamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Kelurahan Cepu memiliki berbagai macam potensi, dan salah satunya adanya home industri kerajinan tangan alumunium.

Mayoritas pekerja di home industri kerajinan tangan alumunium disana yaitu para pemuda, dengan kondisi kesehatan para pemuda yang bekerja disana kebanyakan acuh tak acuh dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sedangkan para saat proses industri berjalan aktivitas yang terjadi yaitu selalu berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

Sebagai manusia apalagi dalam kondisi lelah dalam bekerja akan ada suatu kondisi yang membuat kesadaran akan pentingnya penerapam kesehatan dan keselamatan kerja luntur, untuk menjamin para pekerja terhindar dari segala bahaya dan resiko yang ditimbulkan maka diadakannya sosialisasi pentingnya penerapan kesehatan dan keselamatan kerja kepada para pekerja home industri kerajinan tangan alumunium.

Sosialisasi diadakan di lokasi home industri kerajinan tangan alumunium pada saat para pekerja datang, istirahat, dan pulang. Hal yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut yaitu terkait dengan pengertian kesehatan dan keselamatan kerja, fungsi dan tujuan kesehatan dan keselamatan kerja, ruang lingkup kesehatan dan keselamatan kerja, dan bahaya dalam kesehatan dan keselamatan kerja. Dengan adannya sosialisasi tersebut diharapkan ilmu maupun materi yang didapatkan oleh pekerja bisa langsung diterapkan dalam proses industri berjalan.