Pembukuan Jaman Now! Mahasiswa Mengadakan Sosialisasi Pembukuan Cerdas

Jakarta. (24/02/22). Banyak pengusaha kuliner yang mulai bermunculan untuk mengambil peluang di masa pandemic ini. Selain karena jangka waktu pengembalian modal yang cukup cepat, bisnis kuliner juga memiliki target pasar yang cukup luas. Masalah krusial yang sering ditemukan pada UMKM di Indonesia adalah masalah keuangan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemilik UMKM dalam mengelola dan membukukan keuangan usaha, sehingga pemasukan dan pengeluaran keuangan tidak tercatat dengan jelas dan rapi. Pencatatan sederhana sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Melalui pembukuan, pemilik UMKM dapat melihat kondisi dan perkembangan bisnis, termasuk keuntungan dan kerugian perusahaan. Dengan ini, pembukuan dapat dijadikan patokan dalam merancang strategi bisnis kedepannya. Namun, Sebagian dari populasi Indonesia belum mendapatkan ilmu tentang pembukuan dalam bisinis.

Menanggapi hal ini, salah satu Mahasiswa Universitas Diponegoro, Equal Huda Mustafa Zen (21), yang memiliki latar belakan jurusan Manajemen dengan senang hati menanggapi hal tersebut. Huda yang juga merupakan salah satu Mahasiswa Tim 1 KKN Undip menunjukkan kepeduliannya melalui Program Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Diponegoro. KKN Undip kali ini dilakukan secara daring. Program KKN yang dimaksud adalah pembelajaran pembukuan untuk UMKM kelurahan Parung Serab.

Melalui Program KKN ini, Huda bersosialisasi dengan UMKM sekitar tentang pentingnya pembukuan untuk UMKM. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembukuan melalui aplikasi di smartphone yaitu “BukuKas”. BukuKas adalah salah satu aplikasi karya Indonesia yang memudahkan pemilik usaha untuk mencatat keuangan dengan menggunakan keuntungan teknologi. Di dalam Aplikasi BukuKas, terdapat beberapa fitur yang sebelumnya tidak banyak dimiliki oleh aplikasi-aplikasi lainnya, yaitu pencatatan hutang dan piutang, dan stok produk. Dengan menggunai aplikasi ini, Huda percaya bahwa hal ini dapat membantu UMKM Kel. Parung Serab dalam hal pencatatan keuangan, yang bisa membantu mereka mengatur keuangan dan membantu dalam menilai perencanaan bisnis mereka.