MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP 2022 DUSUN INDROKILO MELAKUKAN UPAYA MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI LINGKUNGAN DUSUN INDROKILO

Mahasiswa KKN menyerahkan sampel pohon mahoni kepada Kepala Dusun Indrokilo

Kabupaten Semarang (13/02)-Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Inisiasi Mahasiswa Universitas Diponegoro yang berlangsung dari tanggal 5 Januari hingga 15 Februari 2022 dengan tema ”Optimalisasi Hasil Perkebunan dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang”. KKN ini berlangsung selama 40 hari yang dilakukan secara luring disertai dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemik Covid-19 masih merebak di Indonesia. Kelompok mahasiswa KKN ini membuat program multidisiplin berupa Upaya Mitigasi Bencana Tanah Longsor bagi masyarakat Dusun Indrokilo.

Sebagaimana kita ketahui bahwa musim penghujan terjadi pada bulan September hingga Mei yang mana air sangat banyak turun dan menyerap ke dalam tanah. Saat musin penghujan pula menjadi waktu yang rawan bagi daerah miring terjadinya longsoran tanah. “Tidak lama ini rumah saya sempat hancur dikarenakan terjadi longsor. Sungguh perlu sekali upaya pencegahan agar tidak terjadi korban lagi” ujar Bapak Saimun, yang saat ini menjabat Ketua RT 3 sebagai salah satu korban tanah longsor beberapa waktu lalu. Berdasarkan penuturan Bapak Saimun tersebutlah, tercetus program multidisiplin berupa Upaya Mitigasi Bencana Tanah Longsor bagi masyarakat Dusun Indrokilo.

Program ini dilaksanakan dengan sosialisasi kepada masyarakat Dusun Indrokilo mengenai bagaimana Mitigasi Bencana Tanah Longsor tersebut. Sosialisasi ini dilakukan oleh kelompok mahasiswa KKN dan juga dibantu oleh ahli di bidangnya. Dengan sosialisasi ini masyarakat mendapatkan wawasan lebih tentang upaya mitigasi bencana tanah longsor yang kemudian dapat meminimalisir terjadinya korban dan kerugian materi.

Kegiatan Penanaman 100 Pohon Mahoni Mahasiswa KKN bersama Kepala Dusun Indrokilo

Selain melakukan sosialisasi, kelompok mahasiswa KKN dengan dibantu Bapak Junari sebagai Kepala Dusun Indrokilo dan beberapa warga melakukan penanaman 100 Pohon Mahoni sebagai upaya memperkuat struktur tanah. Upaya penanaman ini sebagai langkah jangka panjang untuk menyelamatkan masyarakat Dusun Indrokilo. Masyarakat nantinya sedikit berkurang kekhawatiran mengenai tanah longsor dikarenakan beberapa lahan gundul sudah ditanami oleh pohon mahoni. ”Program ini jelas sangat membantu masyarakat kami, mengingat beberapa lahan masih rawan dan berisiko terjadi tanah longsor. Selain itu program ini juga turut menyelamatkan anak cucu dari masyarakat kami di masa depan nanti” Tutur Bapak Junari selaku Kepala Dusun Indrokilo saat membantu kegiatan penanaman 100 Pohon Mahoni.

Penulis : Tim KKN Tematik Inisiasi Undip 2022 Dusun Indrokilo

Dosen Pembimbing : Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si.