Hidup Sehat Tanpa Anemia! Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pendampingan Anemia kepada Remaja Wanita

14 Februari 2022, sinatriapambudi, #KKNTIM1UNDIP2022, #LPMMUNDIP, #KKNUNDIP2022, #UNDIP, #P2KKN, #PotensiDesa

Pendampingan anemia pada salah satu remaja (sumber: Dokumentasi pribadi)

Semarang (14/02/2022) Anemia pada saat ini masih merupakan masalah kesehatan masyarakat secara global baik di negara berkembang maupun di negara maju. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin) sehingga tubuh tidak mendapat cukup oksigen.

Program ini dilaksanakan pada hari Senin (07/02/2022) dilaksanakan oleh Sinatria Pambudi, mahasiswa Ilmu Gizi yang tergabung dalam Tim 1 KKN Universitas Diponegoro 2021/2022.

Program ini dilatar belakangi pentingnya menjaga imunitas tubuh pada saat pandemi Covid-19, salah satunya pada remaja putri. Kebutuhan gizi pada remaja wanita perlu ditingkatkan terutama pada saat menstruasi. Program ini dilakukan secara door to door ke rumah-rumah remaja RW 01 Kelurahan Pesantren. Pada penyuluhan ini dijelaskan mengenai apa itu pengertian anemia, penyebab stunting, gejala anak pada anemia, apa saja dampaknya dan cara pencegahannya yang sudah diringkas pada leaflet.

Pemberian TTD pada salah satu remaja (sumber: dokumentasi pribadi)

Selain itu, pada remaja putri yang dilakukan pendampingan juga diberikan Tablet Tambah Darah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut juga harus didukung dengan mengonsumsi makanan yang cukup mengandung zat besi dan protein agar tubuh dapat membentuk hemoglobin dan dapat menyerap zat besi dengan baik.

Penulis : Sinatria Pambudi

DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia, S.E., M.Sc., Akt.

Lokasi : Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.