IBU-IBU PKK TIDAK TAHU KEBENARAN BERITA, MAHASISWA KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO MELAKUKAN KEGIATAN SOSIALISASI MENGENAI KENALI BERITA HOAKS TERKAIT COVID-19

313202c4-d9f2-4823-9faa-7615466f40b9

Semarang, (11/02/2022) Berita mengenai COVID-19 saat ini masih menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan dan dapat ditemukan di media cetak maupun media online. Persebaran berita di media online sangat banyak dan terjadi dengan cepat sehingga memberikan kesulitan untuk menemukan berita sesuai dengan yang kita inginkan. Setiap berita yang tersebar di media online tidak semuanya berdasarkan fakta sebab setiap orang dapat membuat berita sesuai dengan keinginan mereka sendiri sehingga hal ini dapat menyebabkan timbulnya hoax di masyarakat. Hoax merupakan salah satu hal yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat apabila tidak didampingin dengan kemampuan penalaran dan analisis yang baik terkait keaslian isi berita.

Berbagai varian baru Covid memberikan keresahan di masyarakat dan menimbulkan berita yang belum dapat dipastikan kebenaranya sehingga menimbulkan banyaknya hoax yang tersebar di media online. Ibu-ibu PKK RW.1 yang sering menggunakan aplikasi whatsapp untuk memudahkan mereka dalam berkomunikasi serta menyebarkan berita dapat menjadi sasaran terjadinya penyebaran hoax dengan mudah sehingga perlu adanya budaya literasi untuk mencegah hal tersebut. Oleh karena Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan Sosialisasi tentang mengenali Berita Hoaks terkait covid-19.

Dalam kegiatan ini Ibu-ibu PKK sangat berpartisipasi, banyak pertanyaan yang dilontarkan dan banyak juga yang belum dimengerti tentang ciri-ciri berita Hoaks dan bagaimana cara melaporkan berita yang tidak benar tersebut.

Penulis : Renata Hibatul Wafi (S1-Ilmu Perpustakaan/ FIB/ UNDIP)