SEPELE SIH TAPI INI PENTING! MAHASISWA KKN UNDIP BERSOSIALISASI TENTANG CARA PINTAR MENJANGKAU KONSUMEN DENGAN MEMANFAATKAN PLATFORM DIGITAL

PELAKSANAAN PROGRAM KKN TIM I

Kecamatan Pedurungan, Kelurahan Pedurungan Lor, Kota Semarang (15/02/2022) -Perekonomian di indonesia mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Teknologi di era pandemi ini, dianggap sangat penting karena mayoritas masyarakat lebih memilih melakukan kegiatan dari rumah dan mengurangi segala kegiatan yang secara langsung sehingga perangkat yang paling mendukung yaitu media sosial. Untuk orang-orang yang kurang memahami teknologi hal ini akan menjadi sebuah masalah, maka dari itu perlunya adaptasi dengan teknologi yang saat ini menjadi hal wajib untuk dipahami. Dari sini pelaku usaha harus bisa menyesuaikan terutama untuk pelaku UMKM agar bisnis yang mereka geluti bisa berkembang seperti sebelum pandemi ini hadir. 

Area Pasar Tradisional Pedurungan Lor

Pada tanggal 8 Februari 2022, kondisi di pasar tradisional Pedurungan Lor banyak pedagang disini kurang memahami  teknologi untuk itu mahasiswa ingin bersosialisasi langsung dengan cara door to door dan melakukan praktek secara langsung tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Cara cepat menjangkau konsumen yaitu memanfaatkan platform digital Linktree dengan target para pelaku UMKM. Link merupakan salahsatu media termudah untuk meringkas jadi satu beberapa sosial media yang dimiliki usaha. Dengan menggunakan Linktree konsumen dapat terhubung dengan pemilik usaha secara mudah dan cepat. Masyarakat Pedurungan Lor memiliki potensi yang unggul dibidang UMKM hal ini dliat dari  antusiame setiap diadakan Bazar Pasar UMKM Tematik pada tiap minggunya. Nah, dari sini alasan adanya program ini yang bertopikkan Cara mudah menjaungkau konsumen dengan memanfaatkan platform digital. Dari sosialisasi tersebut diharapkan pemilik usaha mampu manfaatkan link untuk menjangkau konsumen merekan dan membantu untuk mengembangkan usaha mereka.

Penulis : Afsaroh Istikhomah

DPL : Roro Isyawati P.G,S.IP,M.IP