Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Pencegahan Penipuan Online pada Pedagang di Kelurahan Jangli

Sosialisasi pada Pedagang di Toko Pedagang Sekitar Jangli
Sosialisasi dengan pedagang di sekitar Kelurahan Jangli

Akhir-akhir ini di masa pandemi, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan keuangan, ditambah pembatasan oleh pemerintah yang disebabkan virus Covid-19 varian baru yaitu Omicron, sehingga banyak yang terjerumus dalam jurang kemiskinan. Mereka yang mengalami kesulitan keuangan banyak yang memutar otak untuk mencukupi kehidupan keluarganya, alih-alih mencari rezeki yang halal, mereka bermodalkan aplikasi editing sederhana dapat menipu masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah yang mudah teriming-imingi oleh “rejeki kaget”. 

Adapun dalam melakukan aksinya, Penipu biasanya mengedit bukti transaksi menggunakan aplikasi editing dari smartphone ataupun komputer. Mereka lalu mengirimkan bukti transaksi palsu dengan dalih salah transfer uang ataupun memesan makanan (pada pedagang makanan) dengan jumlah besar namun tidak ada uang yang masuk, atau disebut “pesanan tuyul”. Tentu hal ini sangat merugikan para korbannya, oleh karena itu Mahasiswa KKN Tim 1 KKN Undip mensosialisasikan perihal ‘Penipuan Online’ ini agar masyarakat dapat menghindari penipuan. Dengan pengenalan teknologi e-banking, masyarakat mampu menghindari penipuan ini. 

Pada Sosialisasi itu Mahasiswa KKN Tim 1 Periode 2021/2022 memberikan beberapa point-point penting diantaranya :

  1. Apa itu e-banking dan perannya dalam mencegah penipuan online.
  2. Bagaimana cara membuat akun e-banking.
  3. Apa ciri-ciri transaksi palsu.
  1. Bagaimana cara mencegah tertipu pada skema ini.

Dengan adanya sosialisasi tentang pencegahan penipuan online itu, diharapkan masyarakat khususnya warga di Kelurahan Jangli dapat mengetahui dan menghindari skema penipuan online ini.

Kreator: Farhan Nurrizqi 

Dosen Pembimbing: Dinalestari Purbawati, Se., M.Si., Akt