Mahasiswa KKN Undip Mengadakan Sosialisasi Online Mengenai Digitalisasi UMKM Menggunakan Instagram di Kelurahan Jatiwaringin
Bekasi (28-01-2022) Pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) masa kini harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pemasaran tak bisa lagi hanya mengandalkan toko konvensional, tapi harus merambah ke arah online. Ini karena perkembangan teknologi turut merubah gaya hidup masyarakat jadi lebih suka belanja lewat toko online, ketimbang mengunjungi langsung toko fisik. Praktis menjadi alasan toko online semakin jadi lebih menarik Menurut data yang dirilis We Are Social, penggunanya di Indonesia mencapai 130 juta orang dan waktu yang dihabiskan di jejaring sosial per harinya adalah 3 jam 23 menit. Tentunya itu adalah kesempatan besar untuk mendapatkan konsumen melalui jejaring sosial yang potensial.
Oleh karena itu,berdasarkan wawancara yang telah kami lakukan kepada berbagai masyarakat pemilik UMKM yang berada di Jalan Jatiwaringin,masih ada beberapa dari mereka yang masih belum paham cara menggunakan medsos terutama Instagram untuk memasarkan hasil UMKM mereka
oleh Sebab itu untuk mengajarkan para warga tentang cara menggunakan instagram untuk memasarkan hasil UMKM ,kami selaku mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan Acara sosialisasi online mengenai digitalisasi UMKM dengan menggunakan instagram, agar para pelaku UMKM dapat lebih pontensial dalam memasarkan hasil UMKM nya dengan penggunaan instagram
Materi yang disampaikan berupa Sosialisasi Online Yang diadakan Via Zoom Meetings pada hari Jumat 28 Januari 2022 dengan warga pemilik UMKM yang hadir pada acara saat itu berjumlah 14 orang
Kegiatan ini direspon baik oleh para pemilik UMKM,dengan harapan agar hasil UMKM mereka dapat lebih menjangkau calon konsumen yang lebih jauh lagi
Keterangan
Nama: Muhammad Irfan Atha (NIM.11000118140255)
DPL: Dr. Khairul Anam, S.Si, M.Si
KKN Tim 1 Undip 2021/2022