Mahasiswa KKN Tematik Undip Ini Berhasil Menciptakan Alat Pemanjat Pohon Kelapa Yang Memudahkan Masyarakat Dalam Memetik Buah Kelapa

Uji Coba Alat Pemanjat Pohon Kelapa

Desa Kalongan (15/02/2022) – Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang dapat tumbuh dengan sangat tinggi. Pohon kelapa dapat tumbuh mulai dari tinggi 2,5 hingga 30 meter. Untuk mengambil buahnya, diperlukan keterampilan dan usaha yang tidak mudah.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, masih banyak masyarakat yang ketika memanen atau mengambil buah kelapa, langsung memanjat pohon kelapa tersebut tanpa menggunakan pengaman. Para pemetik buah kelapa hanya menggunakan kekuatan kaki dan tangan mereka ketika memanjat pohon kelapa. Padahal hal tersebut sangat berbahaya bagi pemanjat. Pemanjat dapat tergelincir seketika atau terjadi hal-hal lain yang dapat membahayakan pemanjat.

Selain berbahaya, kegiatan tersebut juga merupakan sesuatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan, hanya beberapa orang saja yang memiliki keterampilan dan keberanian yang dapat memetik buah kelapa tersebut. Demi memudahkan dan mencegah terjadinya hal berbahaya pada saat memetik buah, maka mahasiswa KKN Tematik Undip di Desa Kalongan ini menciptakan suatu alat yang dapat menjaga keamanan dan mempermudah pemetik buah kelapa.

Alat Pemanjat Pohon Kelapa

Alat pemanjat pohon kelapa ini merupakan alternatif dalam memetik buah kelapa. Alat ini berupa alat pijakan yang terbuat besi dengan cara kerja mengapit batang pohon kelapa pada saat dipijak. Alat ini memanfaatkan gaya gesek pada arah vertikal dan horizontal sehingga dapat menjaga pemetik agar tidak terjatuh dan meningkatkan keamaan pada saat memanjat pohon kelapa.

Alat ini juga dilengkapi dengan tali pengaman pada badan yang diikatkan langsung kepada batang pohon kelapa sehingga dapat lebih aman pada saat memanjat pohon kelapa. Diharapkan dengan pembuatan alat ini dapat memudahkan dan meningkatkan keamanan pemetik buah kelapa dalam memanen atau mengambil buah kelapa.