MAHASISWA KKN UNDIP KENALKAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DAN E-COMMERCE SEBAGAI PLATFORM PEMASARAN PRODUK UMKM DESA PIYANGGANG DI ERA DIGITAL 4.0
Semarang (29/02/2022) – Seiring berkembangnya zaman, media digital menjadi salah satu platform yang menjanjikan dalam pemasaran produk bisnis. Media digital ialah suatu media elektronik yang digunakan untuk menyimpan, menyampaikan dan menerima informasi maupun data yang tedigitalisasi. Dengan adanya media digital, penyebaran informasi dapat tesebar dengan cepat dan tak terbatas ruang maupun waktu.
Oleh karena itu, media digital menjadi platform yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama dalam pemasaran produk bisnis agar produk tersebut banyak dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu media digital yang sangat diminati oleh masyarakat sekarang ini ialah media digital melalui sosial media dan e-commerce.
E-commerce merupakan suatu system elektronik yang digunakan untuk pemasaran produk berupa barang ataupun jasa yang mana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi atau aktivitas jual beli melalui internet ataupun jaringan teknologi lainnya. Sehingga, dalam hal ini penjual dan pembeli tidak perlu repot – repot melakukan transaksi secara langsung.
Dengan adanya e-commerce, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan terutama bagi para pemilik UMKM yang sedang merintis produknya. Dalam hal ini, peran serta e-commerce sangat diperlukan dalam pengenalan juga pemasaran produk UMKM kepada masyarakat luas. Maka dari itu MahasiswaKKN Tematik Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2022 dengan bimbingan Bapak Ir. RTD Wisnu Broto M.T. melakukan kegiatan sosialisasi “Pengenalan Media Digital dan E – Commerce Sebagai Platform Pemasaran Produk UMKM Desa Piyanggang Di Era Digital 4.0” sebagai program kerja multidisiplin ilmu KKN Tematik.
Kegiatan sosialisasi tesebut diselenggarakan pada tanggal 29 januari 2022 di Aula Madrasah Diniyah Laa Tansa Desa Piyanggang dengan target peserta yang hadir yakni para pemilik UMKM Desa Piyanggang meliputi Dusun Piyanggang, Dusun Pancuran, dan Dusuh Butuh.
Teknis pelaksanaan kegiatan tesebut yakni dengan penyampaian materi secara presentasi oleh Mahasiswa KKN Tematik UNDIP secara komukatif kepada para pemilik UMKM yang hadir. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan media digital yakni sosial media dan e-commerce, juga cara serta prospek pemasaran produk melalui media digital. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan para pemilik UMKM yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Dengan demikian, kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu membantu para pelaku UMKM Desa Piyanggang dalam upaya pemasaran produknya agar dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan omset bagi para pelaku UMKM Desa Piyanggang.
Penulis : Arum Agustina, Mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, KKN Univesitas Diponegoro Tim I 2022 Desa Piyanggang, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.
Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. RTD Wisnu Broto M.T.