Edukasi Melalui Sosialisasi Penerapan Digital Marketing dalam Keberlangsungan Bisnis Di Desa Hargorejo, Kulonprogo

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA – Nandita Ratu Maharani, Mahasiswa KKN Tematik TIM I Universitas Diponegoro, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) melakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan digital marketing pada UMKM di Dusun Penggung, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo, Sabtu (22/01/2022).

Digital marketing saat ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Kemajuan teknologi telah dimanfaatkan dalam hal pemasaran produk dan menguatkan branding produk dan merek dari para pelaku bisnis. Oleh karena itu, Nandita Ratu Mahasiswa KKN Tematik Tim I Universitas Diponegoro 2022 melakukan sosialisasi mengenai digital marketing agar para pelaku usaha yang ada di Dusun Penggung, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo ini mengetahui seberapa pentingnya digital marketing dan bagaimana cara melakukan digital marketing.

Digital marketing adalah seuatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan dari digital marketing yaitu untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, digital marketing mempunyai banyak manfaat bagi keberlangsungan usaha terusama dalam hal promosi atau pemasaran. Manfaat digital marketing diantaranya, hemat biaya marketing/promosi, jangkauan pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, dapat meningkatkan penjualan, menjaga komunikasi antara penjual dan pelanggan, dan analisis digital secara cepat dan tepat.

Materi yang disampaikan selama sosialisasi antara lain, pengertian digital marketing, tujuan digital marketing, jenis digital marketing (website, search engine marketing, social media marketing, email marketing, dan video marketing), strategi digital marketing (serach engine optimization/SEO, content marketing, otomatisasi pemasaran, pay-per-click/PPC, native advertising, affiliate marketing, social media marketing, bagaimana cara memulai digital marketing, anggaran digital marketing, kelebihan dan kekurangan digital marketing. Jangkauan yang luas dan akses yang tak terbatas dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.

Penerapan digital marketing yang informatif, menarik, dan memotivasi juga dapat menarik perhatian pelanggan dan menjadi solusi bagi target pasar yang ingin kita jangkau. Dengan adanya sosialisasi digital marketing diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya peran digital marketing warga Dusun Penggung, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo di era teknologi seperti sekarang ini.

Penulis: Nandita Ratu Maharani, Mahasiswa Manajemen, KKN Tematik Tim I Universitas Diponegoro 2022 Dusun Penggung, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo. Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. R.T.D. Wisnu Broto M.T.