Tim KKN Tematik UNDIP Berikan Sosialisasi Branding dan Visualisasi Produk Kepada Pelaku Usaha di Desa Hargerojo

Branding dan visualisasi produk tidak dapat dilupakan jika berbicara tentang digital marketing atau pemasaran secara digital. Menurut American Marketing Association, brand adalah nama, desain, simbol, atau karakteristik dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dari yang lain. Sedangkan branding adalah aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah brand. Jadi, proses menentukan misi, visi, serta logo bisa dikategorikan sebagai branding.
Untuk visualisasi produk atau pemasaran visual atau yang biasa juga dikenal dengan istilah visual marketing merupakan suatu cara mengkomunikasikan brand atau produk menggunakan gambar, video atau media visual lainnya. Visual marketing dapat dipergunakan untuk membangun koneksi dan pendekatan emosional dengan para pelanggan secara lebih personal, lebih interaktif, dan pada akhirnya akan membantu mengarahkan penjualan. Kekuatan visual akan membuat pemasaran produk lebih kuat dan lebih berkesan.
Dengan dasar tersebut, salah satu anggota dari Tim KKN Tematik UNDIP yaitu Risqi Rahma Inayah (20) menyelenggarakan sosialisasi seputar branding dan visual marketing. Sosialiasi tersebut disampaikan kepada pelaku usaha/ bisnis di di Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DIY yaitu UD Sumber Rejeki atau yang lebih dikenal dengan Adana Gula Semut penghasil produk-produk olahan hasil bumi seperti nira dan kelapa serta IKM Sejahtera yaitu Industri Kecil Menengah penghasil produk anyaman seperti besek, tempat pensil, kipas, dan tudung saji.
Sosialisasi tersebut diadakan pada tanggal 24 Januari 2020 berisi materi bagaimana cara membangun branding suatu produk dan membuat visualisasi produk agar terbayang di benak konsumen.

“Saya sangat berterimakasih kepada Tim KKN UNDIP karena sudah diberi ilmu terkait. Saya dari desa jadi kurang akses untuk mengetahui hal-hal tersenut. Semoga dengan ilmu ini saya bisa membawa usaha saya yang baru beberapa bulan ini lebih maju lagi.” kata Sugiarti selaku ketua IKM Sejahtera.
Selain memberikan program edukasi, Tim KKN Tematik UNDIP juga membagikan booklet mengenai cara branding dan membuat foto produk yang menarik. Tim KKN Tematik UNDIP berharap dengan terlaksananya program sosialisasi ini dapat membantu para pelaku UMKM di Desa Hargorejo dapat lebih mengerti konsep sebuah brand.
Penulis: Risqi Rahma Inayah, Mahasiswa S1-Manajemen, KKN Tematik Universitas Diponegoro, Dusun Penggung, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.