Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Usulkan Rancangan Desa Agrowisata Losari

Losari (14/02/2022) – Desa Losari terletak di Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa Losari merupakan desa yang masih asri dan dapat dikatakan sebagai desa healing atau refreshing. Karena, desa ini memiliki pemandangan yang asri nan indah serta beberapa destinasi wisata yang dapat memanjakan mata.

Pada desa ini dikelilingi oleh dua wisata, antara lain wisata Bukit Bantir Hills dan Air Terjun 7 Bidadari. Kedua wisata ini memiliki lokasi yang cukup berdekatan. Bukit Bantir Hills ini berada pada Desa Losari sendiri, namun Air Terjun 7 Bidadari ini berlokasi pada Desa Piyanggang. Dimana lokasi Air Terjun 7 Bidadari ini tidak jauh dari Desa Losari ini sendiri.

Destinasi wisata Bukit Bantir Hills ini tidak kalah dengan wisata lainnya. Bukit Bantir Hills ini berada pada bagian sisi atas dari Desa Losari. Namun, lokasi wisata ini sudah tidak terurus dan terawat. Meski begitu, ketika wisatawan berkunjung masih dapat menikmati sejuknya udara pegunungan dan pemandangan yang disuguhkan.

Dengan adanya potensi wisata yang ada pada desa ini, mahasiswa KKN Tematik UNDIP melakukan program kerja perancangan Desa Agrowisata Losari. Dimana hasil dari rancangan ini dapat digunakan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan di Desa Losari, Kecamatan Sumowono ini guna menambah pemasukan dana desa serta memperkuat ekonomi warga.

“Saya sendiri juga memiliki harapan besar untuk terjadinya Desa Losari ini sebagai desa agrowisata, melihat dengan potensi alam yang indah dan beberapa wisata yang sudah siap untuk dikembangkan” Kata Pak Syarifuddin selaku kepada Desa Losari dalam pernyataannya pada presentasi program kerja tim KKN Tematik UNDIP, Jumat (18/02/2022).

Pada rancangan Desa Agrowisata Losari yang diajukan oleh mahasiswa KKN Temarik UNDIP ini meliputi destinasi wisata Bukit Bantir Hills, wisata kandang kuda, wisata petik buah dan sayur, outbound dan wisata api abadi yang ada. Selain itu, desa ini juga akan memfasilitasi wisatawan yang berkunjung dengan lokasi toko oleh-oleh, tempat parkir, rest area, tempat beribadah dan pertashop. Dengan adanya perancang ini, diharapkan Desa Losari dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk bertransformasi menjadi sebuah desa agrowisata.