KKN Tematik Tim 1 Universitas Diponegoro Memanfaatkan Air Nira Sebagai Minuman Isotonik Alami “Lahang”

Mahasiswa KKN Tematik Tim 1 Universitas Diponegoro, membuat inovasi terbaru terkait pengolahan air nira kepada UMKM Sumber Rejeki yang berada di Dusun Penggung, Desa Hargorejo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (07/02/2022).

Lahang merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari nira atau air sadapan sari aren. Rasa manis dan segar adalah ciri dari minuman ini. Minuman ini dikenal di seluruh Indonesia, tetapi lebih dikaitkan dengan minuman khas Sunda. Lahang dikenal memiliki kualitas sebagai minuman isotonik tradisional

Ide ini didasari karena belum banyak orang yang mengetahui minuman isotonik yang terbuat dari bahan alami. Dengan proses yang mudah dan harga yang murah, tentu minuman lahang isotonik ini dapat diunggulkan daripada minuman isotonik lainnya, terlebih dengan segudang manfaat seperti mengobati diabetes, mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. tentu ide ini dapat dimaksimalkan oleh UMKM Sumber Rejeki untuk membuat produk olahan baru yang sangat menguntungkan.

Pembuatan minuman Lahang Isotonik ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan Untuk mendapatkan lahang, petani harus menyadap bunga jantan pohon aren di pagi hari. Bunga jantan pohon dipilih yang sudah mekar agar hasilnya pun melimpah. Langkah pertama sadap atau potong ujung bunga itu. Lalu ujung potongan dibungkus dengan ijuk. Tunggu hingga bekas potongan tersebut mengeluarkan nira. Proses menunggu keluarnya nira ini bisa memakan waktu minimal seharian. Setelah mendapatkan air nira tersebut, kemudian memasak air nira hingga mendidih untuk meperlambat fermentasi dari air nira itu sendiri. Kemudian tunggu rebusan air nira mencapai suhu ruang, lalu kemas kedalam botol ukuran 300-500 ml.

Dengan ide tersebut, kami para mahasiswa KKN Tematik Tim 1 Unversitas Dipnegoro berharap agar baik UMKM Sumber Rejeki ataupun masyarakat setempat dapat memaksimalkan air nira tersebut agar menjadi pundi penghasilan yang menguntungkan. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.