Wow!!! Warga Sangat Antusias Diajak oleh Mahasiswa untuk Membuat Channel Youtube sebagai Sarana Pemasaran dan Membangun Brand Image Produk Budidaya Maggot di Kelurahan Jabungan

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP dampingi warga membuat channel Youtube dan video konten untuk promosi produk budidaya maggot

KOTA SEMARANG – Mahasiswa KKN Tematik UNDIP, Nazhifah Widaad Annisa dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Studi Manajemen, sangat kagum dengan antusias warga Kelurahan Jabungan RW VI dalam mengikuti keberlangsungan program yang diadakannya. Program ini dibuat mengingat pentingnya pemasaran sebagai jantung kehidupan dari sebuah bisnis yang dijalankan. Sebagai upaya dalam menyukseskan program strategi pemasaran yang telah dirancang sedemikian rupa, Tim KKN Tematik UNDIP mengajak warga untuk mulai bersahabat dengan zaman yang telah sangat modern melalui pembuatan channel Youtube dan mencoba untuk aktif membuat konten di dalamnya.

Dalam upaya tersebut, mahasiswa tidak hanya mendampingi dalam proses pembuatan channel Youtube nya saja, namun juga turut membagikan ilmu tentang bagaimana cara membuat video konten promosi yang menarik. Warga dikenalkan aplikasi edit video yang saat ini sedang viral, yaitu aplikasi Capcut. Hal ini ditujukan agar sumber daya manusia pengelola budidaya maggot di Jabungan tidak hanya bisa melakukan upload video di Youtube saja, namun juga bisa membuat bahan-bahan video promosi yang akan diunggah.

Pelaksanaan program ini diawali dengan memberikan sosialisasi dan pengetahuan baru kepada warga terkait keberagaman alat promosi yang sudah ada pada masa sekarang ini. Keberagaman tersebut memudahkan para pelaku bisnis untuk dapat memasarkan produk mereka. Pasalnya, saat ini konten kreatif dapat diproduksi hanya dengan bermodalkan smartphone yang notabennya merupakan cara yang sederhana. Oleh karena itu, mahasiswa mengajarkan kepada para sumber daya manusia pengelola untuk dapat membuat sendiri konten kreatif tersebut menggunakan salah satu aplikasi edit video, yakni Capcut.

Dalam kegiatan pendampingan tersebut, masyarakat diajarkan tentang bagaimana cara dalam mengoptimalkan dan mengoperasikan aplikasi Capcut. Setelah masyarakat mengenal beberapa fitur aplikasi yang sangat beragam, mahasiswa mengajak masyarakat untuk langsung mempraktikannya . Antusias masyarakat yang begitu besar memudahkan mahasiswa dalam dalam menyukseskan program ini. Masyarakat dengan penuh semangat membuat konten-konten baru dan mengabadikan setiap momen berlangsungnya kegiatan KKN guna menjadikan video tersebut sebagai bahan editing konten promosi di Youtube.

Setelah melaksanakan pendampingan selama kurang lebih 1 minggu, sumber daya manusia pengelola berhasil mempraktikan pembuatan video konten promosi secara mandiri dan langsung dicoba untuk diunggah ke Youtube. Keberhasilan ini membuat mahasiswa Tim KKN Tematik UNDIP merasa sangat puas karena ilmu yang dibagikan telah bermanfaat secara optimal untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

Penulis : Nazhifah Widaad Annisa, Mahasiswi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, KKN Tematik Tim 1 Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. R.T.D. Wisnu Broto M.T.