Sosialisasi Digital Marketing Melalui Media Sosial Facebook dari Salah Satu Mahasiswa Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro

Muhammad Hanan Hauzan, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi pada hari Sabtu (13/02/2022) di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, telah melaksanakan sosialisasi program mengenai pentingnya pelaksanaan perancangan tata ruang yang diimplementasikan pada kandang maggot yang telah dibuat sebelumnya. 

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial (Ridwan & Josua, 2009). Menurut Ryan dalam Harwindra Yoga Prasetya dan Adi Nurmahdi (2015), terdapat delapan dimensi digital marketing dari sisi promosi yang merupakan bagian dari bauran pemasaran yaitu website, Optimasi Mesin Pencari (SEO), PPC advertising, pemasaran afliasi dan kemitraan strategis, hubungan masyarakat online, jejaring sosial, e-mail pemasaran, dan manajemen hubungan konsumen. Salah satunya adalah penggunaan media sosial sebagai alur pemasaran. Facebook adalah media sosial dan layanan jejaring sosial online Amerika yang dimiliki oleh Meta Platforms. 

Menurut Tsitsi (2013 ) social media marketing adalah sistem yang memungkinkan pemasar untuk terlibat, berkolaborasi, berinteraksi dan memanfaatkan kecerdasan orang- orang yang berpartisipasi didalamnya untuk tujuan pemasaran. Facebook dapat diakses dari perangkat dengan konektivitas Internet, seperti Komputer, Laptop dan Smartphone. Setelah mendaftar, pengguna dapat membuat profil yang mengungkapkan informasi tentang diri mereka sendiri.

Pemasaran dalam usaha budidaya maggot black soldier fly yang sejauh ini belum maksimal. Kondisi terkini, cara berjualan maggot black soldier fly di Kelurahan Jabungan belum diterapkan oleh sebab itu untuk memulai penerapan manajemen risiko maka Tim KKN Tematik membawakan cara Social Media Marketing yang akan diserahkan kepada pengelola budidaya. Social Media Marketing adalah sistem yang memungkinkan pemasar untuk terlibat, berkolaborasi, berinteraksi dan memanfaatkan kecerdasan orang- orang yang berpartisipasi di dalamnya untuk tujuan pemasaran. Penerapan perancangan pemasaran dan iklan menjadi salah satu hal yang penting untuk dijalankan karena mampu menghindari usaha dari kerugian.

Dalam sosialisasi tersebut, warga dikenalkan dengan media sosial Facebook dan tata cara penggunaannya dalam ketentuan yang berlaku. Edukasi juga dilakukan untuk berjualan melalui Facebook Ads dan Group, dengan harapan bahwa warga bisa melakukan jual beli via online lebih mudah di platform tersebut

tekken 3 game download for pc

Ativador Windows 10