Mahasiswa KKN Tematik P2MD UNDIP Memberikan Wawasan Pembelajaran Mengenai Perhitungan Penyusutan Aset Tetap untuk Memaksimalkan Aset dalam Berdagang

Jabungan, Kecamatan Banyumanik – Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro melakukan kegiatan berupa program kerja di Desa Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Perhitungan aset tetap ini merupakan salah satu perhitungan yang penting dalam dunia bisnis. Karena dengan perhitungan tersebut, kita dapat memaksimalkan penggunaan aset dan mempersiapkan dana apabila aset tersebut rusak dan sudah tidak dapat dipakai lagi.

Dewasa ini, masyarakat Desa Jabungan terutama warga RW 06, masih jarang yang menghitung aset tetap serta penyusutan aset mereka dalam dunia bisnis atau berdagang. Padahal perhitungan ini justru sangat penting, karena dengan menghitungnya kita dapat memperkirakan kapan aset kita rusak, apakah aset masih bisa dijual, dan kapan kita dapat mempersiapkan dana sebelum aset rusak.

Dalam keberjalannya, para warga cukup antusias dalam pelaksanaan program pembelajaran mengenai perhitungan aset tetap ini. Saya membuat buku panduan atau booklet agar warga desa dapat membaca kembali apabila masih belum paham. Booklet ini berisi tentang tahap penghitungan dari awal hingga akhir dalam menghitung penyusutan aset tetap. Booklet berbentuk seperti buku, karena saya sengaja mendesain agar praktis dan mudah dipahami.

Adapun dalam prosesnya saya memberikan contoh penyusutan aset tetap budidaya maggot, yang mana pembudidayaan maggot ini merupakan salah satu hasil dari program multidisplin Tim KKN Tematik P2MD Universitas Diponegoro. Meskipun contoh yang saya gunakan merupakan pembudidayaan maggot, namun masyarakat Desa dapat mengadopsi perhitungan tersebut untuk diimplementasikan dalam usaha pribadi yang mereka miliki.

Penulis: Tri Murni Hani Chanifah, Mahasiswi Akuntansi Perpajakan, KKN Tematik P2MD Universitas Diponegoro 2021, Desa Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Dosen Pembimbing Lapangan: Fahmi Arifan, S.T., M.Eng.