MAHASISWA KKN MEMBUAT HANDSANITIZER DARI DAUN TIN YANG MUDAH DILAKUKAN DIRUMAH!

Karanganyar (21/2)- Telah dilaksanakan kegiatan KKN] pada tanggal 06 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 di Desa Plumbon. Tim KKN ini mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Desa untuk Meningkatkan Kualitas SDM dengan Memanfaatkan Buah Tin pada Desa Plumbon Tawangmangu”. Salah satu peserta KKN memilih program kerja yaitu pembuatan handsanitizer dari daun buah tin yang ditambahkan aroma lemon.   

Handsanitizer merupakan pembersih tangan dalam bentuk gel atau cairan guna untuk membunuh bakteri yang terdapat di tangan, selain itu handsanitizer ini dapat dibawa kemana saja dan sangat dibutuhkan sekali dimasa pandemik seperti ini. Handasanitizer kali ini berbentuk cairan yang dengan mudah digunakan dengan cara disemprotkan saja. 

Pada kesempatan ini, Mahasiswa Undip memiliki ide untuk membuat handsanitizer dirumah dengan harga terjangkau dan bahan yang mudah untuk didapatkan. Pada saat memaparkan program kerja berupa Handsanitizer, ibu-ibu PKK sangat antusias dan memperhatikan bagaimana cara memproduksi handsanitizer tersebut. Salah satu ibu-ibu PKK menyampaikan bahwa tidak perlu membeli handsanitizer lagi karena sudah mengetahui cara pembuatan handsanitizer dirumah.

Penulis         : Nourma Puspa A (SV/TRKI)

NIM        : 40040119650085

DPL        : Triyono, S.H., M.Kn

Lokasi KKN    : Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.