INOVASI BARU! MAHASISWA KKN UNDIP SULAP DAUN BUAH TIN MENJADI LILIN AROMATHERAPY

Karanganyar (19/2) – Telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal 06 Februari 2022 hingga 15 Februari 2022 di Desa Plumbon. Tim KKN ini mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Desa untuk Meningkatkan Kualitas SDM dengan Memanfaatkan Buah Tin pada Desa Plumbon Tawangmangu”. Salah satu program yang dilaksanakan yaitu pemanfaatan daun buah tin sebagai bahan pembuatan lilin aromatherapy. 

Lilin aromatherapy adalah alternatif aplikasi aromatherapy secara inhalasi, yaitu penghirupan uap aroma yang dihasilkan dari beberapa rasa. Lilin aromatherapy akan menghasilkan aroma yang memberikan efek terapi bila dibakar (Primadiati, 2002).  Lilin aromatherapy sendiri banyak diproduksi di Indonesia dengan berbagai macam aroma tumbuhan yang menyejukan.  

Untuk kali ini, Mahasiswa Undip berinovasi membuat lilin aromatherapy yang beraromakan daun buah tin dan tambahan aroma apel. Lilin ini dapat digunakan sebagai pengharum ruangan sekaligus penghilang rasa stress.

Antusiasme dari masyarakat terutama ibu-ibu PKK sangat tinggi. Terlihat ketika mahasiswa memberikan penjelasan mengenai proses pembuatan lilin, ibu-ibu banyak bertanya mengenai produk ini. “Wah, ilmu baru nih mbak. Bisa dibuat ide bisnis karena sampai saat ini masih belum banyak yang menjual lilin aromatherapy seperti ini!” ujar salah satu ibu PKK yang hadir pada sosialisasi di tanggal 25 Januari 2022. 

Penulis : Aisha Ramadita (SV/TRKI)

NIM : 40040119650101

DPL : Triyono, S.H., M.Kn

Lokasi KKN : Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.