Inovasi Pembuatan Essential Oil Dari Buah Tin

Mahasiswa KKN Tematik Undip 2022 melaksanakan kegiatan KKN di desa Plumbon Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dengan memanfaatkan dan mengolah potensi desa dengan tema “Optimalisasi potensi desa untuk meningkatkan kualitas SDM dengan memanfaatkan buah tin pada Desa Plumbon Tawangmangu”

Buah tin adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah asia timur sampai eropa. Buah Tin memiliki kandungan yang sangat baik serta rasanya yang manis membuat buah ini cocok untuk menjadi bahan baku dalam segala olahan makanan. Sebagai Inovasi baru kali ini pengolahan Buah Tin dibuat menjadi Essential Oil.

Essential Oil adalah minyak alami yang diekstrak dari jenis tanaman tertentu, biasanya minyak didapatkan dari akar, batang, daun, bunga dan buah-buahan. Minyak esensial atau minyak atsiri biasanya digunakan sebagai aromaterapi yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

“Inovasi yang sangat menarik untuk ibu ibu disini, dimana essential oil ini lumayan banyak diminati oleh kalangan wanita terutama ibu ibu yang sangat suka dengan wangi wanigan” ujar salah satu ibu PKK

Penulis : Grace Almaida(SV/TRKI)

DPL : Triyono, S.H., M.Kn

Lokasi KKN : Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar