Solutif! Mahasiswa Undip Bagikan Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Akibat Sekolah Sempat Dilakukan Daring.

Karanganyar (20/1) – Salah satu tim KKN Undip yang berada  di Karanganyar tepatnya di Desa Plumbon berbagi  tips mendampingi anak belajar di rumah. Hal ini dilatarbelakangi pandemi covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh. Dampak dari adanya aturan ini adalah anak harus belajar dari rumah dan orangtua memegang peran penting dalam membantu anak belajar. Berdasarkan penuturan dari warga, sekolah diadakan secara daring kurang lebih selama setahun. Tujuan dari sosialisasi ini supaya orangtua mendapat infromasi mengenai cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak belajar di rumah.

Sosialisasi diberikan kepada ibu-ibu PKK yang berkumpul di balai RT setempat. Selain berbagi tips, mahasiswa juga melakukan komunikasi dua arah mengenai apa yang dialami ibu saat mendampingi anak belajar di rumah. Selain itu, mahasiswa juga memberikan leaflet berisi rangkuman informasi agar warga yang mengikuti sosialisasi dapat memahami informasi yang diberikan dengan lebih baik. Sebelumnya, beberapa warga memberikan penjelasan mengenai hambatan yang dialami seperti anak-anak banyak menghabiskan waktu untuk bermain dalam kesehariannya dan kualitas pendidikan yang dinilai turun karena pembelajaran jarak jauh dinilai tidak seefektif pembelajaran tatap muka.

Warga yang menghadiri acara tersebut terlihat antusias dan memberikan umpan balik apabila terdapat pertanyaan. Beberapa ibu memberikan penjelasan mengenai kesulitan mendampingi anak belajar di rumah seperti jadwal belajar yang tidak menentu mengingat ibu juga memiliki kesibukan. Meski begitu, beberapa ibu bercerita sudah melakukan beberapa tips yang diberikan seperti mengapresiasi setiap usaha anak dalam belajar dan membuat jadwal belajar dengan anak.

Program ini disambut baik oleh warga. “Berbagi tentang cara mendampingi anak belajar di rumah adalah hal yang bermanfaat, mengingat kemarin sekolah sempat daring selama satu tahun dan anak harus belajar dari rumah” Ujar salah satu ibu yang hadir dalam sosialisasi.

 Penulis : Nuraini Azizah (Psikologi-Psikologi)

Dosen Pembimbing: Triyono, S.H., M.Kn