GDO Baru Karang Taruna Desa Plumbon Menstimulus Program Pengembangan Generasi Muda

Plumbon (17/02/2022) KKN Tematik Undip 2022 yang melaksanakan kegiatan KKN sejak tanggal 5 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022 di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar membuat beberapa program kerja yang salah satunya adalah Menyusun Grand Desain Organisasi (GDO) Karang Taruna Karya Manunggal.

Karang Taruna Karya Manunggal memiliki potensi sumber daya yang sangat baik. Kepengurusan, kegiatan, dan komunikasi terjalin dengan baik dengan adanya rapat rutin Karang Taruna. Kehadiran tim KKN Undip memberikan stimulus untuk organisasi ini agar anggota organisasi memiliki kesiapan berorganisasi.

Tim KKN melakukan diskusi dengan ketua Karang Taruna. Dari hasil diskusi, kami berinisiatif membuat Grand Desain Organisasi (GDO) yang memuat penjelasan terkait Karang Taruna Karya Manunggal dan payung hukum Karang Taruna di Indonesia yaitu Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Karang Taruna.

Dengan adanya GDO ini, Karang Taruna lebih memiliki ide untuk mengembangkan potensi pemuda dan pemudi di Karang Taruna Karya Manunggal. Selain itu, anggota Karang Taruna memahami tentang Karang Taruna, tujuan, prinsip secara terarah sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Karang Taruna. Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dapat memberikan program pelatihan kepada Karang Taruna karena Karang Taruna Desa Plumbon memerlukan pelatihan kepada anggotanya.

Penulis            : Andi Kurniawansyah (Fakultas Psikologi/Psikologi)

NIM                : 15000119120048

DPL                 : Triyono, S.H., M.Kn

Lokasi KKN          : Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar