Bangun Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kesehatan! Mahasiswa KKN Undip Melaksanakan Cek Kesehatan Gratis Untuk Lansia di Kelurahan Tlogosari Wetan

Kesehatan merupakan sebuah aspek penting dalam kehidupan, masyarakat yang sehat dapat menunjang aktivitas dalam sehari-hari dan meningkatkan produktivitas manusia dalam kehidupannya. Begitu juga dengan para lansia atau kerap dikenal dengan masyarakat lanjut usia yang harus selalu menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik di usia yang sudah tidak muda lagi. Meskipun sudah memasuki usia tidak produktif, para lansia harus tetap sadar dan selalu meningkatkan kualitas kesehatannya untuk menjalankan kegiatan yang tidak membutuhkan banyak energi.

Menurut warga setempat banyak lansia yang sulit untuk menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, bahkan hanya sedikit lansia yang datang untuk cek kesehatan di posyandu lansia. Kelurahan Tlogosari Wetan sendiri sudah memfasilitasi para lansia dalam aspek kesehatannya melalui posyandu lansia, namun tidak jarang lansia malas untuk datang karena merasa belum diperlukan untuk melakukan cek kesehatan diri. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Undip, Berliana Dewi Maharani yang berasal dari Fakultas Kedokteran dengan dosen pembimbing Dr. Yoyok Budi Pramono, S. Pt, M.P mencoba menggugah kesadaran lansia melalui program cek kesehatan gratis untuk menggugah kesadaran lansia dalam kesehatan dirinya.

Program cek kesehatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (12/07/2022) bertempat di Posyandu Lansia RW 2 Kelurahan Tlogosari Wetan. Cek kesehatan gratis yang diberikan kepada lansia yaitu pengukuran tekanan darah dan asam urat. Antusias lansia dalam mengikuti cek kesehatan gratis ini sangat besar, bahkan mencapai lebih dari 15 lansia yang datang untuk melakukan cek kesehatan tersebut. Selain itu setelah lansia mengetahui hasil dari tekanan darah dan asam urat, mahasiswa memberikan edukasi terkait dengan hipertensi dan hiperurisemia kepada lansia yang memiliki tekanan darah dan asam urat tinggi. Hal tersebut bertujuan agar lansia dapat teredukasi dengan baik serta dapat mengurangi tekanan darah dan asam urat yang terlampau tinggi agar dapat kembali normal melalui penjagaan pola makan dah hidup sehat lansia.

Media yang digunakan untuk melakukan edukasi terkait hipertensi dan hiperurisemia yaitu booklet dengan ukuran yang cukup besar agar dapat mudah dibaca dan dipahami oleh lansia. Booklet tersebut diserahkan kepada perwakilan kader posyandu lansia agar dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi yang dapat diberikan sewaktu-waktu kepada lansia yang berada di Tlogosari Wetan. “Dengan adanya cek kesehatan lansia ini harapannya dapat membangun kesadaran lansia untuk selalu menjaga kesehatan diri melalui mengatur pola makan dengan baik dan hidup sehat” ujar Berliana Dewi Maharani, mahasiswa KKN Undip.

Selanjutnya mahasiswa berharap bahwa segala informasi terkait kesehatan yang sudah disampaikan dapat diimplementasikan dengan baik serta mendapat pendampingan yang mumpuni dari tiap-tiap kader posyandu lansia yang ada demi terciptanya kualitas kesehatan lansia yang optimal dan sejahtera. Lansia Sehat Indonesia Kuat!

Penulis : Berliana Dewi Maharani
DPL : Dr. Yoyok Budi Pramono, S. Pt, M.P
Lokasi : Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang