Pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat pada ibu hamil!!!! Mahasiswa KKN TIM II Undip Ajak ibu hamil kelurahan cepoko memahami perilaku hidup bersih dan sehat

Semarang (22/07) – kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan sehat dan nyaman. Salah satu yang harus menjaga kebersihan adalah ibu hamil. Selain memperhatikan kesehatan dan gizi yang masuk ke dalam tubuh, menjaga kebersihan selama kehamilan juga sama pentingnya. Kehamilan yang bersih dan higienis juga dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan Ibu dan janin yang disebabkan oleh kuman atau bakteri.

IMG-4597

Program ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus ibu hamil di kelurahan cepoko yang melakukan persalinan tanpa dibantu oleh tenaga kesehatan, dimana melakukan persalinan yang dibantu oleh tenaga kesehatan adalah termasuk dari PHBS. PHBS sendiri yaitu perilaku hidup bersih dan sehat merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. Fia juga membagikan poster yang dapat dipahami lebih lanjut mengenai dampak kesehatan pernikahan dini.

PHBS

PHBS sangat penting untuk ibu hamil guna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dari awal kehamilan sampai dengan sesudah persalinan. Program kerja yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNDIP dengan menggunakan metode pemberian leaflet yang berisi PHBS ibu hamil guna untuk meningkatkan pengetahuan pada ibu hamil dan terdapat sesi tanya jawab yang dilaksanakan di Posyandu (Kelas Ibu Hamil) di RW 1. Diharapkan dari program kerja ini bisa meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup ibu hamil baik dari awal kehamilan sampai dengan persalinan.

Penulis : Anissa Luthfia Wafa – 22010119140198 – S1 Kedokteran Umum
DPL : Dr. rer. nat. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng