Reportase I KKN Undip Tim 2 2022: Program Kerja Sosialisasi Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kelangsungan Hidup Remaja di Kec. Bekasi Utara.

Bekasi (14/07/2022), Bahaya peredaran narkoba setiap harinya menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar, dengan tingkat prevalensi pengguna narkoba yang semakin tinggi dikalangan remaja, yaitu 2.10% maka perlu adanya usaha untuk menanggulanginya. (BNN, 2019).
Seiring dengan usaha preventif yang dilakukan oleh BNN dan kepolisian, kami sebagai mahasiswa juga turut serta untuk menunjukan kepedulian akanakan bahaya Narkoba dan wujud konkret partisipasi mahasiswa dalam membangun kesadaran remaja di Kec. Bekasi Utara. Selain itu dengan target sasaran yang semakin luas dan bersifat borderless, yaitu tidak mengenal waktu, tempat, wilayah, ataupun lapisan masyarakat.

Sehingga pada tanggal 14 Juli 2022, kami dari Tim II KKN Universitas Diponeogoro mengadakan sosialisasi dampak penyalahgunaan narkoba untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran para remaja. Dengan mengundang 3 pembicara dari UPTD Puskesmas Seroja, Bimaspol, dan Babinsa yang membawakan berbagai materi mengenai efek samping penyalahgunaan narkoba, target-target peredaran narkoba, jenis-jenis narkoba, serta penerapan nilai-nilai pancasila dalam menolak peredaran narkoba. Kegiatan ini sekaligus mendukung program dari BNN mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 104 UU. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang menyebutkan bahwa Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan Prekursor Narkotika.

Penulis : KKN TIM II KOTA BEKASI, KECAMATAN BEKASI UTARA, KELURAHAN HARAPAN BARU
1. Ilham Al Giffari
2. Rayhan Aliy Rizqi
3. Muhammad Raditya Dwi Adhyatama
4. Ziyyan Shafa
DPL : Dr,Aminah,S.H,M.Si