Memaksimalkan Digital Marketing Untuk UMKM di Era 4.0!

buat-reportase

Bojong Menteng (21/07/2022) — Dengan betapa mudahnya pengunaan internet saat ini, jumlah individu yang online setiap hari terus bertambah. Dilansir dari CNBC Indonesia— data terbaru APJII—di tahun 2022 pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 210 juta. Hari ini, digital marketing adalah teknik paling efektif untuk membangun otoritas dan kesadaran bisnis di pasar terbesar dunia: Internet. Ini didukung oleh cara digital marketing dapat berinteraksi dengan audiens pada waktu dan tempat yang tepat.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya digital marketing, mahasiswi Undip memberikan edukasi serta pendampingan tentang digital marketing untuk UMKM yang dinaungi oleh Kelurahan Bojong Menteng. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022, di sebuah UMKM bernama Mzi Snack yang bertempatkan di Bojong Menteng, Bekasi. Pemilik dari usaha tersebut yaitu Bu Paini, begitu sapaan beliau.

Sosialisasi dilakukan oleh Dameria—KKN Tim II Undip 2021/2022— yang diselingi oleh tanya jawab. Materi yang disampaikan adalah: (1) definisi digital marketing; (2) contoh digital marketing; (3) alasan harus memaksimalkan digital marketing; (4) contoh pembuatan caption, dan; (5) contoh pembuatan feeds Instagram.

Penulis: Dameria Cathrine
DPL: dr. Siti Fatimah, M.Kes