Jadi Priotitas SDGs Indonesia, Sekelompok Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Demo Masak PMT

Pengasinan (13/7/22) Sembilan juta anak Indonesia memiliki perlambatan pertumbuhan atau stunting akibat kekurangan gizi kronis. Kondisi tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara di peringkat ke lima yang mengalami kekurangan gizi di peringkat kelima di dunia. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa prevalensi stunting di Indonesia tahun 2022 harus turun setidaknya 3%. Hal ini disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pusat di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6 Jakarta Pusat, Rabu (11/05/2022). Oleh karena itu, Indonesia menempatkan kasus stunting sebagai prioritas utama Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini diupayakan agar terciptanya generasi bebas stunting di masa yang akan datang.

Di Kelurahan Pengasinan sendiri terdapat 61 kasus stunting yang tercatat di Puskesmas Pengasinan. Untuk menurunkan prevalensi stunting perlu membutuhkan kesadaran dari masyarakat terutama Ibu Hamil dan Ibu Balita karena stunting tidak hanya disebabkan oleh kekurangan gizi, tapi juga dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi, masih terbatasnya layanan kesehatan, kurangnya akses makanan bergizi, dan kurangnya akses air bersih dan sanitasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro yang berjumlahkan 6 orang anggota melaksanakan KKN di Kelurangan Pengasinan, Kota Bekasi, mengadakan Program Pencegahan Stunting pada Anak dan Janin serta Pelatihan PMT Berupa Dimsum Ayam Jamur Kepada Ibu Hamil dan Ibu Balita di Posyandu Elang 1 RW 003. Penyuluhan ini dilakukan dengan edukasi mengenai stunting, penyebab, dan pencegahannya melalui presentasi powerpoint, demo masak PMT Dimsum Ayam Jamur yang kaya akan protein, fosfor, dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan anak dan janin. Selain itu, dibagikan juga booklet resep menu PMT bagi peserta penyuluhan yaitu Ibu Balita dan Ibu Hamil.


(Materi PPT)


(Booklet Buku Resep Menu PMT)

(Kegiatan Penyuluhan dan Demo Masak PMT)

Masyarakat RW 003 Kel. Pengasinan sangat antusias terutama Kader Posyandu Elang 1 yang sangat mendukung dan membantu dalam kegiatan ini. Keberjalanan program penyuluhan yang cukup disambut hangat oleh masyarakat khususnya bagi Ibu balita dan Ibu hamil yang aktif bertanya dan ikut mencoba pembuatan PMT. Harapannya masyarakat Kelurahan Pengasinan terutama Ibu balita dan Ibu hamil dapat memiliki peningkatan kesadaran mengenai pentingnya pencegahan stunting pada balita dari sedini mungkin dan dapat menambah variasi rasa dan bentuk makanan yang enak dan bergizi, sehingga anak tidak bosan.

Penulis :
– Ayu Rahma Lestari (Statistika-Fakultas Sains dan Matematika)
– Cahyo Bagus Nugroho (Statistika-Fakultas Sains dan Matematika)
– Hasri Lathifah Ekaputri (Teknologi Pangan-Fakultas Peternakan dan Pertanian)
– Novia Hidayati Inasa (Teknologi Pangan-Fakultas Peternakan dan Pertanian)
– Putri Nanda Damayanti (Statistika-Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing Lapangan : dr. Siti Fatimah, M.Kes
Lokasi : Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi