Sekolah Siaga!! Narkoba Menjarah Masa Depan Generasi Penerus Bangsa, Mahasiswi KKN UNDIP Ajak Siswa/Siswi MPLS SMP Negeri 1 Rancabungur Jauhi Narkoba!

Whats-App-Image-2022-07-26-at-9-59-22-AM

Pelaksanaan Sosialisasi di SMP Negeri 1 Rancabungur, Bogor

Ranca Bungur, Bogor (20/7) – Pada bulan Juni 2022, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengeluarkan Data Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang disajikan dalam Buku Indonesia Drugs Report tahun 2022 di mana disebutkan bahwa terdapat 53.405 total tersangka dalam pengungkapan kasus Narkoba di Indonesia (Sumber: POLRI dan BNN, Maret 2022). Dalam hal ini terdapat 5 (lima) wilayah di Indonesia dengan pengungkapan kasus Narkoba terbesar yang diantaranya yakni Sumatera Utara; Jawa Timur; DKI Jakarta; Jawa Barat; Sumatera Selatan. Berdasarkan data tersebut, Provinsi Jawa Barat menempati urutan nomor 4 (empat) dengan pengungkapan kasus Narkoba terbesar di Indonesia dengan total 2.570 (dua ribu lima ratus tujuh puluh) kasus. Pada Buku Laporan tersebut diketahui pula bahwa tempat pemakaian Narkoba dilingkungan Sekolah/Kampus terdapat 8,3% bagian dari total kasus Narkoba di Indonesia dengan tingkat Prevalensi pengguna (pernah pakai) usia 15 – 24 tahun terjadi peningkatan dari 1,80% menjadi 1,96%.

Berdasarkan data tersebut maka dapat terlihat bahwa banyak sekali kasus penyalahgunaan Narkoba di mana beberapa kasus tersebut dilakukan dilakukan di lingkungan sekolah dengan terdapat beberapa pengguna yang masih termasuk dalam usia di bawa umur, maka dirasa penting sekali untuk dilakukan sosialisasi kepada anak-anak remaja. Melihat kondisi tersebut, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP 2021/2022 melakukan upaya pencegahan preventif dengan melakukan sosialisasi bertemakan “Generasi Anti Narkoba: Bahaya dan Sanksi Berdasarkan UU 35/2009 tentang Narkotika.”

ppt-narkoboy-1
ppt-narkoboy

Konten yang Dibahas dalam Pelaksanaan Sosialisasi

Sosialisasi tersebut dilakukan kepada Siswa/Siswi SMP Negeri 1 Rancabungur yang sedang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari terakhir. Program ini disambut baik oleh para Pengajar dan Siswa/Siswi SMP Negeri 1 Rancabungur sangat antusias dengan adanya sosialisasi ini yang dibungkus dengan pemaparan yang menarik. Salah satu guru mengatakan “Terimakasih sudah mau memberikan pemaparan mengenai Narkoba. Ini memang menjadi salah satu agenda ketika dilaksanakan MPLS. Kehadiran Mahasiwi ini sangat membantu kami.”

Whats-App-Image-2022-07-26-at-9-59-23-AM-1
Whats-App-Image-2022-07-26-at-9-59-23-AM

Pelaksanaan Sosialisasi di SMP Negeri 1 Rancabungur, Bogor

Penulis : Annisa Ayu Lestari
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Ir. Rudy Hartanto S.Pt., Ph.D., IPM.
Lokasi : SMP Negeri 1 Rancabungur, Kecamatan Ranca Bungur, Bogor
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip