COVID-19 KEMBALI MENGGANAS! PANDEMI BELUM USAI! MAHASISWA UNDIP Sulap Rempah Menjadi Minuman Ajaib dan Himbau Masyarakat Jangan Abai

Pengasinan (13/7/22) Penurunan angka Covid tidak serta merta menandakan Pandemi Covid-19 di Indonesia telah usai. Protokol kesehatan seharusnya tetap dilaksanakan dengan baik, akan tetapi hal ini membuat masyarakat menjadi lengah hingga akhirnya pada Juni 2022 kasus Covid-19 kembali merebak. Buntut dari kasus tersebut, Presiden Joko Widodo menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap adanya virus Covid-19. Hingga 12 Juli 2022 ditemukan 3.361 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 dengan varian berbeda. Oleh karena itu, pengendalian kasus Covid-19 masih menjadi prioritas utama untuk mencapai Indonesia bebas Covid-19. Melalui Program Sosialisasi Pengendalian Wabah Covid-19 ini Mahasiswa KKN Undip memperkenalkan warga RW. 003, Kelurahan Pengasinan dengan olahan rempah yang mampu meningkatkan imun tubuh dan mengajak masyarakat untuk ikut serta memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

Kelurahan Pengasinan menjadi salah satu daerah padat penduduk di Kota Bekasi. Meskipun Kota Bekasi masuk kedalam wilayah PPKM Level 1, masyarakat harus tetap waspada dan menjaga pola hidup sehat. Berdasarkan data statistik, hingga saat ini terdapat 8.640 total kasus Covid-19 di Kelurahan Pengasinan dengan 24 kasus baru. Hal ini menandakan bahwa setiap harinya masih saja terdapat temuan kasus baru dan Covid-19 masih mengintai kita. Untuk menurunkan angka Covid-19 tersebut dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M serta mengonsumsi pangan yang bergizi. Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro di Kelurahan Pengasinan, Kota Bekasi, menyelenggarakan Program Sosialisasi Pengendalian Covid-19 serta Pengenalan Minuman Olahan Rempah (Empon-Empon) sebagai Pangan Nutraseutikal untuk Meningkatkan Status Imunitas Tubuh kepada Warga RW 003, khususnya Ibu-ibu. Penyuluhan ini dilakukan dengan edukasi mengenai perkembangan kasus Covid-19, dan pencegahannya melalui penerapan protokol kesehatan 5M dan pengenalan empon-empon yang kaya antioksidan dan senyawa lainnya yang mampu dijadikan sebagai obat dan baik untuk menjaga kesehatan. Selain itu, dipraktekan juga cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Infografis
Poster-Covid-19

Minuman Olahan Rempah
20220712-220340

Kegiatan Penyuluhan
IMG-6126
IMG-6143
IMG-0638

Masyarakat RW 003, Kelurahan Pengasinan terlihat sangat antusias terutama mengikuti kegiatan sosialisasi dan sangat mendukung kegiatan ini. Keberjalanan program penyuluhan yang disambut hangat oleh masyarakat khususnya bagi ibu-ibu yang menyimak dengan baik dan aktif bertanya. Harapannya masyarakat RW. 003, Kelurahan Pengasinan lebih meningkatkan kesadaran dan ikut serta dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dan dapat menambah menambah pengetahuan tentang minuman olahan rempah yang dapat dijadikan sebagai obat sekaligus menjadi inspirasi untuk kegiatan usaha.

Penulis: Novia Hidayati Inasa (Teknologi Pangan-Fakultas Peternakan dan Pertanian).
Dosen Pembimbing Lapangan: dr. Siti Fatimah, M.Kes.
Lokasi: Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.