LESTARIKAN EKOSISTEM, MAHASISWA KKN UNDIP EDUKASIKAN TANAMAN TOGA YANG MUDAH DITANAM

Sosialisasi Macam – Macam Budidaya Toga (Tanaman Obat Keluarga) untuk Pelestarian Ekosistem oleh Zainal Abidin Puamimi
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Semarang (09/07/2022) – Tumbuhan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan ekosistem, tumbuhan juga menjadi sumber daya yang penting untuk makanan, air, obat – obatan, udara yang dihirup makhluk hidup, iklim, dan lain-lain. Pembudidayaan Toga (Tanaman Obat Keluarga) menjadi langkah penting dalam penghijauan dan pelestarian ekosistem pemukiman di tengah perkotaan. Mengutip dari pernyataan Ketua KWT (Kelompok Wanita Tani), penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) sudah berlangsung di Kelurahan Karangturi tetapi banyak yang belum mengetahui cara penanaman dan perawatan yang tepat untuk tanaman obat keluarga itu sendiri.

Menanggapi kondisi tersebut Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022, Zainal Abidin Puamimi dari Program Studi S1 – Agroekoteknologi yang dibimbing oleh Bapak Abdi Sukmono, S.T., M.T. melakukan kegiatan sosialisasi macam – macam budidaya toga (tanaman obat keluarga) untuk pelestarian ekosistem. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di RW 03 Kelurahan Karangturi dengan melibatkan ibu – ibu PKK dari PKK Kelurahan Karangturi. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi yang berisikan penjelasan mengenai pembudidayaan toga (tanaman obat keluarga) untuk pelestarian ekosistem mulai dari penanaman hingga perawatan tanaman obat keluarga yang dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama.

Kegiatan sosialisasi dilakukan di Semarang Timur tepatnya di dalam ruangan Paud RW 03 Kelurahan Karangturi. Anggota PKK memberikan respon dan tanggapan yang sangat baik terkait sosialisasi yang telah disampaikan. Kegiatan diawali dengan pembagian poster kepada anggota PKK mengenai pembudidayaan macam – macam toga (tanaman obat keluarga) untuk pelestarian ekosistem mulai dari penanaman hingga perawatan tanaman obat keluarga yang dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama dimana Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan kesempatan kepada anggota PKK untuk mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro.

Diharapkan dengan adanya program edukasi pembudidayaan macam – macam toga (tanaman obat keluarga) untuk pelestarian ekosistem dapat dijadikan sebagai kebiasaan warga untuk membudidayakan tanaman obat keluarga di daerah sekitar secara tepat dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Ketua PKK Kelurahan Karangturi yaitu Ibu Bambang menuturkan “Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Mahasiswa KKN Undip yang telah membagi ilmunya tentang pembudidayaan toga atau tanaman obat keluarga kepada ibu – ibu PKK Kelurahan Karangturi”.

Penulis : Zainal Abidin Puamimi (Agroekoteknologi – Fakultas Peternakan dan Pertanian)

Dosen Pembimbing Lapangan : Abdi Sukmono, S.T., M.T.