Angka Stunting Turun Drastis! Upaya Intervensi Pemerintah Desa Rejosari Membuahkan Hasil yang Mengagumkan. Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 Turut Upayakan Tindakan Preventif Stunting

Posyandu

Tim Kesehatan Dukuh Karangpacing Desa Rejosari, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Doc. Pribadi)

Rejosari (26/7/2022), Pemerintah desa Rejosari melalui Tim Kesehatan desa dan Puskesmas Karangawen II telah mengupayakan penuntasan stunting dengan melalukan berbagai intervensi dari tahun 2019. Pada tahun 2019 tercatat sekitar 46 balita mengalami permasalahan stunting. Hasil intervensi hingga tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 13 balita.

Stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya. Tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama. Hal tersebut yang kemudian membuat pertumbuhan tinggi badan anak terhambat sehingga mengakibatkan dirinya tergolong stunting.

Intervensi

Pendistribusian Makanan bergizi dan Seimbang ke Rumah Balita Stunting (Doc. Pribadi)

Pemerintah desa Rejosari bersama dengan mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022, melanjutkan upaya penuntasan stunting melalui program Intervensi Gizi Spesifik kepada 13 balita yang dinyatakan mengalami permasalahan stunting. Kegiatan ini berlangsung selama 120 hari terhitung mulai dari bulan Mei 2022 dan akan berakhir pada bulan September 2022. 13 balita stunting diberikan makanan yang bergizi dan seimbang setiap harinya sebagai upaya pemenuhan gizi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pemantauan tumbuh kembang balita dilakukan setiap 2 minggu sekali dengan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, dan lingkar kepala. Selain itu, juga dilakukan tes laboratorium untuk mengetahui kondisi kesehatan lain pada balita saat Kelas Balita dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Kelas-Ibu-Hamil-PKD-1

Penyerahan Poster Penyuluhan Pencegahan Stunting (Doc. Pribadi)

Sebagai upaya preventif agar tidak terjadi peningkatan angka stunting, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 melakukan penyuluhan untuk mencegah stunting pada anak kepada para ibu-ibu hamil. Kegiatan ini dilaksanakan saat Kelas Ibu Hamil berlangsung (21/7/2022) di Poliklinik Kesehatan Desa 1 Rejosari. Kelas ini terbagi menjadi 3 sesi yang dihadiri sekitar 25 ibu hamil. Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, yang dilanjutkan penyuluhan oleh tim KKN. Mahasiswa menjelaskan kondisi stunting pada anak serta upaya pencegahan yang dapat dilakukan. Kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai pemenuhan porsi makanan yang cukup dan seimbang untuk ibu hamil oleh Bidan Santi. Kegiatan diakhiri dengan pembagian makan kepada ibu hamil.

Penullis: Miftakhul Istiqomah – 24020119120006 – Prodi Biologi – Fakultas Sains dan Matematika
Lokasi: Desa Rejosari, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Dosen Pembimbing: Damar Nurwahyu Bima, S. Si., M. Si.