EDUKASI KOSA KATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA TK MUJAHIDIN KALIGAWE MELALUI MEDIA BELAJAR YANG MENYENANGKAN

Semarang (27/07/2022) Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Tak jarang, ada beberapa negara yang turut menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa utama atau bahasa resmi. Berbicara tentang bahasa Inggris, hal tersebut sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Bahasa Inggris dijadikan sebagai mata pelajaran pada setiap jenjang pendidikan, dimulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Tetapi, walaupun bahasa Inggris sudah masuk ke dalam materi pembelajaran, masih sering ditemui tenaga pendidik yang kurang gencar dalam memberikan materi bahasa Inggris kepada siswa dikarenakan keterbatasan pengetahuan serta waktu pembelajaran. Perubahan kurikulum juga menjadi faktor utama kegagalan pembelajaran bahasa Inggris, karena selain tenaga pendidik harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru, para siswa juga dituntut untuk memahami materi pembelajaran dalam waktu yang singkat. Di sisi lain, para orang tua murid juga mengalami kesulitan ketika harus mengajari anak mereka di rumah dengan mata pelajaran bahasa Inggris karena background pendidikan yang kurang memadai. Permasalahan-permasalahan tersebut menjadi suatu fenomena di TK Mujahidin yang terletak di Desa Kaligawe, Ungaran Timur, Kab. Semarang.

Berangkat dari permasalahan yang ada, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022 menyelenggarakan program kerja bernama “Improving English Vocabulary through Fun Learning Media” pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 di TK Mujahidin, Kaligawe. Program edukasi tersebut berbentuk pengenalan kosa kata dalam bahasa Inggris untuk nama-nama hewan, kendaraan, serta silsilah keluarga melalui media belajar yang menyenangkan seperti media visual dan audio visual. Mahasiswa mengenalkan kosa kata bahasa Inggris menggunakan video YouTube dan poster yang berisi objek hewan, kendaraan, serta silsilah keluarga. Kemudian, dilakukan pengujian untuk mengecek kemampuan kosa kata bahasa Inggris siswa TK sebagai output dari pengajaran berupa tebak-tebakan nama kendaraan, pembuatan family tree, serta menempelkan hewan sesuai dengan jenisnya dalam bahasa Inggris.

Program kerja yang diselenggarakan tersebut bertujuan agar peserta didik dapat dengan mudah melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan tidak merasa terkejut ketika menerima pelajaran bahasa Inggris. Kedua, penangkapan suatu bahasa dapat diterima dengan baik oleh peserta didik Taman Kanak-Kanak, oleh karena itu bahasa Inggris diperlukan pada tingkat pendidikan paling dasar. Selain itu, pada era globalisasi sekarang ini semua sistem informasi menggunakan bahasa Inggris, sehingga pengenalan bahasa Inggris sejak dini akan memudahkan siswa Taman Kanak-Kanak untuk menerima teknologi dengan baik. Program kerja yang telah diselenggarakan mendapat respon positif serta antusiasme yang tinggi dari para siswa serta tenaga pendidik di TK Mujahidin, Kaligawe. Besar harapan mahasiswa bahwa program edukasi kosa kata bahasa Inggris yang sudah dilaksanakan dapat memberikan manfaat serta keberjalanannya dapat terus dilanggengkan oleh para tenaga pendidik serta orang tua siswa TK Mujahidin.

Penulis: Bernadeta Algrika (13020119120014) Fakultas Ilmu Budaya/S1 Sastra Inggris
Lokasi: Desa Kaligawe, Susukan, Ungaran Timur, Kab. Semarang
Dosen Pembimbing Lapangan: Damar Nurwahyu Bima, S.Si, M.Si