Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNDIP Mengadakan Penyuluhan Pentingnya Edukasi Mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan di Desa Babakan

Desa Babakan, Dramaga (12/7/2022), Apa itu 1000 hari pertama kehidupan? Ini adalah masa selama 270 hari dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun. Dan inilah masa paling krusial dalam pertumbuhan anak, karena di masa ini merupakan yang paling krusial dalam mencegah stunting.

Kepala Kader Stunting Desa Babakan, Rika, menjelaskan bahwa sampai saat ini masih ditemukan kasus ibu yang memberikan makanan tidak sesuai dengan kebutuhan anak dibawah 2 tahun. Ibu memberikan makanan bertekstur keras kepada anaknya sehingga sulit bagi anak tersebut untuk mengunyah dan mencerna makanannya. Makanan yang pemberiannya tidak sesuai dengan yang seharusnya juga dapat menyebabkan anak tersebut mengalami kekurangan nutrisi yang penting bagi perkembangannya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Mahasiswa UNDIP berinisiatif untuk melakukan program Penyuluhan Edukasi Mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan di Posyandu Plamboyan

Whats-App-Image-2022-07-27-at-10-31-06-AM

Acara Penyuluhan 1000 HPK di Posyandu Plamboyan

Lokasi penyuluhan ini dilakukan di Posyandu Plamboyan, RW.06, Desa Babakan. Penyuluhan ini membahas tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan mulai dari pengertiannya, akibat yang dapat terjadi kepada anak ketika kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi, dan edukasi mengenai makanan apa saja yang cocok untuk diberika kepada anak pada fase 1000 HPK. Penyuluhan ini dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan posyandu rutin yang dihadiri sebanyak 10 orang. Selain dilaksanakan penyuluhan, kegiatan posyandu lain yang dilakukan adalah penimbangan berat badan anak, mengukur lingkar kepala, dan memberikan imunisasi.

Whats-App-Image-2022-07-27-at-10-31-06-AM-1

Pengurus Posyandu Desa Babakan

Ketua Kader Posyandu, Wawat, mengatakan bahwa penyuluhan ini amat bermanfaat bagi ibu-ibu posyandu. Harapan beliau kepada mahasiswa UNDIP adalah agar terus bisa berkontribusi kepada masyarakat dengan membuat program-program yang dapat mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals).

Penulis: Dhany Izmifiqri, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum FH UNDIP.
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Rudy Hartanto S.Pt., Ph.D., IPM.
Lokasi: Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.