Mahasiswi KKN Undip Mengenalkan Pentingnya Mindfulness di Dalam Diri Sebagai Bentuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja.

187-AFFD5-5-CAC-45-EB-B2-FA-306-A10-F7-B133

(Ket: Foto Mahasiswa/i KKN Undip dengan partisipan penyuluhan)

Desa Ciangsana, Bogor (25/07) Bertajuk “KKN Pulang Kampung”, Universitas Diponegoro menggerakkan mahasiswa/i-nya melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II dengan mengabdi di domisili masing-masing. Program KKN yang berbeda ini merupakan bentuk tanggapan Universitas Diponegoro agar program KKN tetap berjalan tanpa harus mengambil risiko transmisi virus Covid-19.

Dilansir dari INews.id, Badan Narkotika Nasional (BNN) menyampaikan adanya kenaikan prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang usia 15-64 tahun, yaitu dari angka 1,8 persen di tahun 2019 menjadi 1,95 pada tahun 2021. Dari angka tersebut, remaja hingga mahasiswa masuk ke dalam bagian dari kategori yang disampaikan.

POSTER-ANTI-NARKOBA

(Ket: Poster campaign)

Dari kekhawatiran ini, mahasiswa Universitas Diponegoro, melalui program KKN, melakukan penyuluhan di SMPN 3 Ciangsana dengan judul program “Hugs Better Than Drugs”. Penyuluhan yang menyampaikan pesan bahaya anti narkoba ini dihadiri oleh 37 murid dengan rentang umur 15-16 tahun. Penyuluhan yang dilaksanakan pada hari pertama tahun ajaran baru SMPN 3 Ciangsana menuai tanggapan positif, dimana semua murid yang hadir sangat bersemangat dan memberikan energi yang luar biasa. Semua aktif berpartisipasi dari empat sub program yang disampaikan.

84-F16-A01-F8-A6-41-E1-A1-AC-70169-B92-EA7-A

(Ket: Siswa/i SMPN 3 Ciangsana aktif berpartisipasi saat penyuluhan)

Salah satu sub program yang dibawakan oleh mahasiswa KKN Undip ini adalah bagaimana mengatur emosi dalam diri dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya sifat mindfulness. Melihat bahwa faktor salah satu faktor terbesar dalam penyalahgunaan narkoba pada remaja merupakan adanya tekanan hidup di dalam diri yang tidak tersalurkan dengan baik, mahasiswa KKN Undip menyampaikan cara bagaimana menyalurkan emosi dengan sehat.

Mindfulness sendiri merupakan kemampuan dasar manusia untuk sepenuhnya hadir, sadar di mana kita berada dan apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita.Sementara mindfulness adalah sesuatu yang kita semua miliki secara alami, hal ini akan lebih mudah dirasakan dan dipraktikan bagi mereka yang sudah terbiasa melakukannya dalam keseharian.

Mindfulness telah didukung oleh semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hal ini mengurangi stres dan rasa cemas, meningkatkan perhatian dan memori, hingga meningkatkan pengaturan diri dan empati. Penelitian baru oleh Benjamin Shapero dan Gaëlle Desbordes mengeksplorasi bagaimana mindfulness dapat membantu depresi.

Melalui program ini, mahasiswi Undip memberikan penyuluhan mengenai bagaimana cara mempraktikan mindfulness dalam keseharian melalui meditasi yang dapat diterapkan secara sederhana.

F64992-B9-1-EAF-4-C34-A838-45-C1-B73-D408-E

(Ket:Penyampaian materi mengenai mindfulness)

Penulis: Nuur Ul Azizah (Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Program Studi Akuntansi)
DPL: Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM.
Lokasi: Kabupaten Bogor, Kecamatan Gunung Putri, Desa Ciangsana, RW 38 / RT 01.
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip