Keterbatasan Lahan, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Sosialisasikan Pemeliharaan dan Perawatan Berkebun Dengan Vertical Garden

Edukasi pemeliharaan dan perawatan berkebun dengan vertical garden
(Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Karangturi (28/07/2022) – Keterbatasan lahan sering dihadapi oleh masyarakat. Maka tak heran jika banyak masyarakat memiliki lahan kecil di pekarangan rumahnya. Pemanfaatan lahan dapat dilkukan untuk memelihara tanaman hias, sayuran dan tanaman obat  Terdapat banyak cara dalam membenahi lingkungan salah satunya yaitu dengan menanam tanaman di area sekitar dimana konsep berkebun vertical garden.

Vertical garden yaitu metode bercocok tanam  mengguanakan lahan sempit dan terbatas dengan mengguankan dinding atau ruang secara vertikal. Peanfaatan dinding atau ruang secara optimal menjadi salah satu ide untuk mendukung program penghijauan bumi. Adanya vertical garden dapat menjadi salah satu design dalam berkebun serta manjadi solusi dalam permasalahan lingkungan, oleh karena itu peting diketahui cara untuk memelihara dan merawat pekarangan dengan baik.

Mahasiswa KKN Undip melalui program edukasi pemeliharaan dan perawatan berkebun dengan vertical garden, mengedukasikan warga dengan cara pemeliharaan serta perawatan berkebun vertical garden. Menjelaskan pemanfaatan lahan dengan metode vertical garden serta bagaimana cara perawatannya. Mulai dari media tanam yang baik digunakan untuk vertical garden, penyiraman yang dilakukan 1 sampai 2 kali sehari serta pemupukan dilakukan secara berkala yaitu dua kali seminggu, untuk pemupukan dapat dilakuakn dengan menggunakan AB Mix atau Pupuk Organic Cair.

Dokumentasi Setelah Edukasi

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2022 dengan mengumpulakan ibu-ibu PKK mulai dari RW1 sampai dengan RW5. Kegiatan ini dilaksanakn dengan dengan tujuan mengedukasikan ibu-ibu PKK tentang pentingnya merawat pekarangan rumah serta cara pemeliharaan vertical garden agar lingkungan sekitar tampak asri.

Respon ibu-ibu PKK RW 1 sampai dengan RW 5 Keluraha Karangturi cukup antusias mendengar serta  menghargai penjelasan yang disampaikan “ oh begitu y acara merawatnya, saya sebelumnya bingung dengan cara serta waktu pemupukan untu tanaman saya tetapi sekarang saya mengetahuinya dan akan menerapkannya untuk tanaman kebun” ujar ibu Trinis salah satu ibu PKK dari RW 1.